Comment

Negara Ini Hanya Mengeluarkan Tiga Paspor dalam Sekali Terbit

Biasanya memiliki paspor adalah kewajiaban yang harus dipenuhi oleh setiap orang dari negara manapun bila ia ingin berpergian ke negara lain. Paspor berfungsi sama seperti KTP atau kartu identitas yang penting dibawa ketika pergi ke luar negeri. Namun di negara ini pembuatan paspor justru dibatasi hanya tiga.

Kamu pernah mendengar kelompok Sovereign Military Order of Malta atau Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta? Mereka biasa dikenal sebagai ordo Malta. Sebuah kelompok militer tertua yang berdiri sejak masa perang salib pada 1099.

Meski sudah berumur ribuan tahun, ordo Malta masih eksis hingga hari ini sebagai sebuah organisasi kesehatan dan pelayanan. Anggotanya adalah warga negara Republik Malta, sebuah negara kecil yang berdekatan dengan Italia.

ahloo paspor

Grand Master Ordo Malta, Fra’ Matthew Festing saat bertemu Paus Fransiskus di Roma, Italia

Negara ini sangat kecil. Penduduknya kebanyakan keturunan Italia dan Lybia. Nah, tak sembarang orang bisa memiliki paspor Malta. Negara itu hanya menerbitkan tiga paspor untuk tiga pejabat yang aktif di organisasi ordo Malta; Grand Master, Deputy Grand Master, dan Chancellor.

Mereka yang tergabung sebagai relawan organisasi Malta kini aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan. Kebanyakan dari mereka menganut agama Katolik Roma dan memiliki kantor pusat di Roma, Italia.

Lalu bagaimana dengan penduduk Malta? Di luar tiga pejabat ordo Malta, penduduk lain bisa memiliki paspor yang dikeluarkan pemerintah Italia. Hal itu memungkinkan karena Italia merupakan negara penganut sistem dwi kewarganegaraan yang membolehkan seseorang memiliki lebih dari satu paspor.

Sumber: mirror