Comment

Ketahui Fakta Sabu-sabu, Biar Kamu Nggak Terjemurus Jadi Penggunanya!

Sabu-sabu lagi jadi perbincangan hangat banget media sosial. Mulai dari tertangkapnya pemain sinetron Anak Langit Ammar Zoni sebagai pengguna, sampai penggerebekan paket seberat 1 ton di Anyer.

Kamu tentu juga nggak asing lagi dengan narkoba jenis ini. Tapi meski telah namanya telah akrab, bisa jadi kamu belum tahu nih fakta dari sabu-sabu (metamfetamin) berikut.

Nama lain

ahloo-1800-sabu sabu-2

Ada lebih 20 sebutan yang identik dengan narkoba bentuk kristal ini. Mulai dari ‘ubas’, ‘brown’, ‘getgo’, ‘speed’, ‘chicken feed’, ‘mata ikan’, ‘batu’, sampai ‘tick-tick’.

Populer sejak Perang Dunia II

ahloo-1800-tengkorak-bunuh-diri-jepang-kamikaze-samurai

Metamfetamin ternyata telah digunakan para tentara di Perang Dunia II. Selain biar tahan lama saat berjaga, narkoba ini juga dimanfaatkan pilot Jepang yang bertugas dalam misi bunuh diri.

Harga murah

ahloo-1800-sabu-sabu-1

Harganya yang mahal bikin para penggunanya yang ketergantungan bangkrut. Tapi sekarang sudah banyak pengedar yang bikin paket hemat dari 100 ribu rupiah. Nggak heran kalau narkoba ini jenis yang paling sering beredar.

Obat sintetis

ahloo-1800-sabu-sabu-pabrik

Ada narkoba yang berasal dari tanaman. Tapi beda dengan sabu-sabu. Menurut Yayasan untuk Dunia Bebas Narkoba, sabu-sabu dibuat manusia dalam ruangan gelap. Bahannya merupakan campuran kimiawi obat demam dengan asam baterai sampai minyak lampu. Hiii…!

Mudah menguap

ahloo-1800-sabu-sabu-masker

Karena terbuat dari bahan kimia, sabu-sabu mudah banget menguap dan meracuni barang-barang di sekitarnya.

Efeknya sulit dideteksi

ahloo-1800-teman-pesta-tawa

Kalau pemakai ganja mudah banget diketahui dari baunya, sabu termasuk sulit. Karena mereka yang dalam pengaruh narkoba ini tampak seperti manusia sadar pada umumnya. Hanya saja lebih percaya diri, senang bersosialisasi dan nggak pernah terlihat lelah.

Jalan pintas untuk kurus

ahloo-1800-wanita-stress-kurus-narkoba

Nafsu makan pengguna sabu cenderung menurun. Jadi banyak yang menggunakannya sebagai jalan pintas meski nggak pintar untuk kurus.

Sulit bebas

ahloo-1800-sakau-efek-narkoba

Pengaruh berhenti pakai narkoba jenis ini memang gila. Setidaknya 93% mantan penggunanya pasti balik lagi karena efeknya yang jadi merasa sangat depresi. (LS)