Comment

Cerita yang Mungkin Belum Kamu Dengar Tentang Polisi Jujur Hoegeng Iman Santoso

Hoegeng Iman Santoso, begitulah nama lengkapnya. Hanya sempat menjadi kapolri selama tiga tahun, namun rekam jejak kejujurannya selama berkarir masih jadi perbincangan sampai saat ini.

Berdasarkan fakta-fakta yang beredar, Hoegeng dikenal berani menyelesaikan sejumlah kasus besar tentang keamanan dan keadilan warga negara. Tapi tahukah kamu tentang cerita lain tentangnya ini?

Meninggal

ahloo-1900-hoegeng-iman-santoso-2

merdeka

Tepat pada 14 Juli 2004, Hoegeng menghembuskan nafas terakhirnya di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Penyakit stroke dan jantung memaksanya tutup usia di 83 tahun.

Bermusik

ahloo-1900-hoegeng-iman-santoso-1

ensiklopopindonesia.files.wordpress.com

Saat pensiun, Hoegeng lebih banyak gunakan waktunya dengan berkesenian. Pria kelahiran 14 Oktober ini menjadi vokalis dan pemain ukulele di band The Hawaiian Seniors.

Pelukis

ahloo-1900-hoegeng-iman-santoso-3

Hoegeng juga disebut senang melukis. Bakat ini juga dimiliki anaknya, Reni yang pernah menggelar pameran tunggal di Galeri Cipta Taman Ismail Marzuki.

Keturunan bangsawan

ahloo-1900-hoegeng-iman-santoso-4

Meski hidup tanpa kemewahan, sebenarnya Hoegeng terlahir dari keluarga elite. Ayahnya adalah Soekarjo Kario Hatmojo yang pernah menjabat Kepala Kejaksaan Keresidenan Pekalongan. Sementara ibunya, Oemi Kalsoem masih bersaudara dengan keluarga R.A. Kartini.

Cinta lokasi

ahloo hoegeng

historia

Cerita pertemuan Hoegeng dengan istrinya, Meriati (Mery) Roeslani bisa dibilang manis. Keduanya cinta lokasi setelah lolos audisi sandiwara radio di Yogyakarta dan menikah pada 31 Oktober 1946.

Peran A.H. Nasution

ahloo-1900-hoegeng-iman-santoso-ah-nasution

Jendral Angkatan Darat A.H. Nasution berperan besar dalam karir Hoegeng. Dirinya yang merekomendasikan Hoegeng untuk menjadi Kepala Jawatan Imigrasi Indonesia (saat ini Direktorat Jendral Imigrasi) tahun 1961. (LS)

foto utama: andreyuris.files.wordpress.com