Comment

Kita Sudah Salah Selama Ini, Air Putih Ternyata Memiliki Rasa

Umumnya kita menganggap air putih atau air mineral sebagai minuman tawar alias tidak memiliki rasa. Ternyata anggapan itu salah. Sejumlah ilmuwan telah menemukan bahwa air mineral atau H2O sebenarnya memiliki rasa tersendiri. Rasa itu adalah asam.

Tim peneliti dari Caltech University, California, Amerika Serikat memantau lidah sejumlah tikus yang merasakan air. Mereka menemukan kalau sensor rasa yang terstimulasi nyatanya adalah rasa asam.

Para peneliti juga menyatakan rasa air ini bisa dikategorikan ke dalam rasa keenam setelah rasa manis, asam, asin, pahit, dan umami atau gurih. Profesor biologi, Yuki Oka, menjelaskan bahwa kemampuan mengecap rasa air bukan sekadar kebetulan, dan sebenarnya itu merupakan kemampuan lidah kita mengecap air.

Lidah mampu mendeteksi berbagai faktor nutrisi kunci, yang disebut dengan tastant, seperti sodium, sugar, dan asam amino, melalui rasa. Tapi, bagaimana kita mengecap air di mulut tidak diketahui.

ahloo air mineral

“Kebanyakan spesies serangga diketahui bisa ‘merasakan’ air, jadi kami membayangkan mamalia juga mungkin memiliki perangkat di sistem perasa untuk mendeteksi rasa air,” ujar Oka.

Untuk membuktikan bahwa sel rasa asam berkontribusi dalam mendeteksi rasa air, tim peneliti menggunakan teknik yang disebut dengan optogenetics yang membuat mereka dapat menstimulasi sel asam dengan cahaya daripada air.

Setelah mengganti air dari botol air hewan dan menggantinya dengan cahaya biru, tim peneliti menemukan bahwa rasa haus tikus yang direkayasa secara genetik, mendorong mereka mencari air, masuk ke cahaya, dan meminumnya.

Meskipun tidak terhidrasi, mereka terus menjilat sumber itu karena cahaya memicu indera penunjuk yang mengatakan air ada.