Comment

Drone Racing, Ajang Balap yang Nggak Kalah Seru untuk Pecinta Kecepatan

Drone ternyata nggak sekedar bisa menangkap aerial view yang menarik. Pesawat tanpa awak ini juga bisa jadi hobi bagi para pecinta kecepatan. Namanya drone racing.

ahloo-1800-drone racing-1

Drone racing atau balap pesawat tanpa awak ini telah populer di beberapa negara. Sebut saja Dubai yang menggelar World Drone Prix pada 2016, Amerika Serikat dengan MultiGP National Championship pada 2016, hingga Tiongkok yang punya FPV Drone Racing.

Model balap yang dilombakan sangat beragam. Tapi biasanya dibedakan menjadi jenisnya. Setiap jenis pun dibagi lagi menjadi kelas-kelas berdasarkan besar kecil motor drone dan daya terbang baterainya.

Misalnya saja jenis MultiGP yang umumnya digelar di lapangan luas. Ajang ini mengutamakan ketangkasan pembalap dalam menggendalikan drone miliknya. Tantangan jenis ini cukup banyak, mulai dari angin sampai rintangan seperti benda-benda di lintasan.

Ajang balap drone pun bisa digelar di ruangan tertutup yang luas, bahkan gelap. Menariknya, jenis first person view (FPV) racing ini juga sudah jadi tontonan yang secara resmi ditayangkan di salah satu channel olahraga ESPN.

ahloo-1800-drone-racing-indonesia

Facebook Forum Indonesia Drone Racing Federation

Indonesia pun diketahui sudah beberapa kali menggelar balap drone. Terakhir Juni 2017 lalu di JCC, Jakarta. Para pembalapnya telah tersebar di 98 kota di Indonesia. (LS)