Comment

Inilah Suara Klakson yang Diklaim Paling Ramah Telinga

Pernahkah gak  kamu merasa sangat stres ketika terjebak di jalan macet? Bukan lantaran arus kendaraan yang padat namun karena bisingnya suara klakson kendaraan yang lewat. Keluhan itu banyak dilayangkan pengguna jalan khususnya mereka yang sering berjalan kaki di trotoar dan pengguna angkutan umum.

Sebuah tim riset dari Soongsil University di Seoul, Korea Selatan mengungkapkan rekomendasi mereka mengenai jenis klakson yang ramah telinga dan minim stres. Hasil riset mereka menunjukkan klakson klasik bebek dianggap paling cocok.

ahloo-klakson-bebek

Klakson jenis ini pertama kali diperkenalkan pada 1908. Tim riset yang dipimpin Professor Myung-Jin Bae lalu membuat ulang model klakson klasik tersebut dengan beberapa modifikasi tambahan seperti tingkat volume dan durasi bunyi yang keluar.

Mereka melibatkan 100 responden yang ditugaskan untuk menjadi pendengar suara klakson. Hasilnya, mayoritas dari responden memilih suara klakson bebek di peringkat pertama yang dianggap paling ramah telinga.

Meskipun ramah telinga, klakson ini tetap mampu menjalankan fungsi utamanya sebagai tanda waspada di jalan raya. “Klakson ini terbukti mampu menjalankan fungsinya sebagai tanda bahaya bagi pejalan kaki namun minim resiko dalam hal polusi suara,” kata Myung Jin.

Jadi, apakah kamu sudah berpikir untuk mengubah jenis klakson mu ke suara klakson bebek?