Comment

Biar Ketupat Nggak Cepat Bau, Lakukan 5 Langkah Ini

Lebaran tak lengkap tanpa ketupat. Tapi sayangnya sajian dari beras yang terbungkus daun kelapa ini cepat banget basi kalau kamu salah mengolah dan menyimpannya. Nah, coba lakukan lima cara ini biar ketupat nggak cepat bau.

Beras pilihan

ahloo-1700-ketupat-nggak-cepat-bau-beras-nasi

Mau beras yang pulen atau pera, pastikan kamu tetap harus memilih kualitas terbaik dari bahan yang akan dipakai untuk ketupat.

Ayaman janur rapat

ahloo-1700-anyam ketupat lebaran

Menurut pakar kuliner William Wongso yang dikutip Okezone menyebutkan, ketupat cepat bau karena adanya bakteri yang mengontaminasi beras dalam janur. Maka dari itu pakailah selalu kulit ketupat yang janurnya rapat.

Disiram

ahloo-1700-air-keran

Proses mengukus bikin ketupat berlendir dan akhirnya mudah bau. Jadi pastikan setelah diangkat dari dandang kamu siram dengan air dingin untuk menghilangkan lendir.

Digantung

ahloo-1700-ketupat-gantung-basi

Digantung status sama gebetan memang nggak enak, tapi buat ketupat cara ini malah bikin membuatnya tetap nikmat dan nggak bau. Pastikan kamu menyimpannya di tempat yang kering ya!

Masak seperlunya

ahloo-1700-ketupat-dikukus

Sesuaikan dengan kebutuhan konsumsimu. Karena ketupat yang dimasak kebanyakan dan dibelah dua tanpa langsung dihabiskan cepat terkontaminasi bakteri, akhirnya jadi bau. (LS)