Comment

Tengkorak Manusia di Tempat Ini Diabadikan dan Malah Jadi Tujuan Wisata Favorit

Sebuah tujuan wisata seharusnya hadirkan tawa dan pengalaman menyenangkan. Tapi alih-alih merasa senang, kamu yang datang ke tempat ini malah bisa merasakan sedih, miris, hingga ketakutan. Sebab pada tempat yang kini jadi museum inilah tengkorak manusia dan bangunan yang ada jadi saksi bisu pembantaian keji.

Choeung Ek

ahloo-1800-tengkorak manusia-kamboja

Lahan seluas dua hektar di Distrik Dangkor, Kamboja ini pernah jadi tempat penyiksaan, pembunuhan dan kuburan massal bagi 20.000 orang yang dianggap membahayakan rezim Khmer Merah.

Kini untuk mengenangnya, pemerintah menjadikan tempat ini sebagai museum dan monumen yang berisi tengkorak manusia korban kekejaman peristiwa tahun 1975-78 tersebut.

Gereja Ntarama

ahloo-1800-tengkorak-manusia-rwanda-3 ahloo-1800-tengkorak-manusia-rwanda-4

Setidaknya ada enam titik yang jadi museum dari peristiwa perang antar suku Hutu dan Tutsi di Rwanda. Tapi Gereja Ntarama ini adalah yang paling menyeramkan karena tulang serta 5.000 tengkorak manusia dipamerkan untuk mengenang peristiwa pembantaian pada April 1994 itu.

ahloo-1800-tengkorak-manusia-rwanda-5

notesfromcamelidcountry.net

ahloo-1800-tengkorak-manusia-rwanda-1 ahloo-1800-tengkorak-manusia-rwanda-2

Tak hanya tengkorak, kamu juga bisa menemukan pakaian terakhir hingga barang-barang priadi para korban.

Monumen Guba

heydar-aliyev-foundation.org

heydar-aliyev-foundation.org

Museum yang baru saja selesai dibangun tahun 2013 ini menampilkan momen kelam pembantaian bangsa Armenia yang memeluk Kristen oleh orang-orang Turki.

ocaz.eu

ocaz.eu

Salah satu sisi bangunan memuat tumpukan tulang dan tengkorak yang diklaim sebagian dari 2 juta korban pembantaian. (LS)