Comment

Ilmuwan NASA Temukan Cara Mendaur Ulang Air Seni

Tahukah kamu berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengangkut satu liter air ke luar angkasa? $48,000 atau sekitar Rp 637 juta. Wow, mahal ya! Meski air sering dianggap remeh saat berada di Bumi, para astronot tak mungkin bisa bertahan hidup tanpa asupan air yang cukup.

Jadi mau tak mau NASA harus mempersiapkan jatah air yang bisa digunakan para astronot ketiga bertugas di luar angkasa. Untungnya mereka kini berhasil menemukan teknologi daur ulang air seni yang bisa menghasilkan air layak minum.

Jennifer Pruett, seorang ilmuwan dan ahli mesin di NASA menjelaskan teknologi penyulingan ini. Air seni yang berasal dari para astronot dikumpulkan dalam sebuah wadah. Cairan itu lalu dimasukkan ke dalam mesin centrifuge.

Mesin itu akan berputar dan membuat cairan padat dari air seni menempel di dinding mesin. Sementara uap airnya yang lebih ringan akan keluar dan tersedot ke bagian penampungan air.

Air inilah yang nantinya disebut sebagai air seni bersih yang tersuling. Proses selanjutnya dilakukan filterisasi sebelum bisa diminum kembali oleh para astronot. Teknologi ini dipercaya akan mampu menghemat biaya transportasi ke luar angkasa.

Namun apakah para astronot bersedia meminum air itu bila tahu ia berasal dari air seni mereka sendiri?

Sumber: Huffingtonpost