Comment

Berbeda Budaya, Etika Makan Tiap Negara Ternyata Juga Unik dan Menarik

Tak hanya lagu atau tarian khas, etika makan juga memengaruhi terbentuknya kebudayaan di suatu negara. Ada yang selalu makan bersama-sama dengan jumlah kecil, namun ada pula yang budayanya berseberangan.

Perancis

ahloo-1700-etika-makan-salmon-perancis-bawang

Selain bahasanya, kuliner juga sangat dicintai warga Perancis. Mereka membiasakan makan tiga kali sehari dan mengenal durasi istirahat makan siang yang lebih panjang dari budaya lain.

Jika Indonesia mengenal makan di depan televisi, Perancis lebih ketat yakni wajib di meja secara bersama-sama teman atau keluarga. Menyoal porsi, Perancis suka dalam ukuran yang mini. Jadi jangan heran jika saat santap bareng, mereka hanya memberimu sedikit salmon atau kentang goreng di piring.

Korea

ahloo-1700-etika-makan-korea

Ada enak dan nggaknya ketika menjadi orang yang dituakan di Korea. Sebagai sosok yang berumur, kamu wajib untuk membayari acara makan bersama. Tapi kamu punya privilege untuk menentukan duduk dan menentukan waktu dimulainya makan.

Negeri gingseng senang makan bersama dengan beragam lauk. Namun uniknya, mengoper piring saji dianggap nggak etis. Jadi biasanya lauk diambil secukupnya dan ditempatkan di piring kecil.

Inggris

ahloo 1500 - zodiak duit mobil kobe daging jepang

Berbeda dengan Perancis, Inggris begitu ketat dengan durasi tiap makan mereka. Kebanyakan warga menyukai makanan siap saji yang cukup dihangatkan saja ketika akan disantap.

Warga Inggris juga menyenangi daging-dagingan dan kurang makan sayuran hijau. Kebiasaan makan di luar rumah juga jadi ciri khas penduduknya, kecuali mereka yang telah berkeluarga.

Tiongkok

ahloo-1700-etika-makan-tiongkok

Waktu makan bersama hanyalah momen keluarga di budaya Tiongkok. Jika sama teman mereka biasanya bakal memilih makan di luar atau bahkan membeli makanan siap saji kotakan.

Soal menu, warga negeri tirai bambu ini makan dengan sekitar 4-6 lauk dingin, 8-10 lauk hangat, sup dan buah segar juga nggak ketinggalan dalam sekali waktu makan.

India

ahloo-1700-etika-makan-india

Sebagai negara yang relatif luas, India punya beberapa etika makan. Namun sebagian besar jarang makan daging sapi atau babi dan lebih banyak mengonsumsi sayuran.

Di India yang masih tradisional, wanita wajib pintar di dapur untuk mempersiapkan sajian untuk satu keluarga. Mereka juga lebih menyukai makan dengan tangan kanan. Termasuk saat mengonsumsi menu berkuah seperti kari, mereka menggunakan bantuan roti kering sebagai alat makannya.

Meksiko

ahloo-2000-dada-ayam-tomat

Penduduk Meksiko sangat mengutamakan waktu makan siang. Dibandingkan daging merah atau telur, ayam adalah jenis protein yang paling sering dikonsumsi mereka. Sementara itu, tortila dari jagung adalah sebagai sumber karbohidrat utamanya.

Amerika Serikat

ahloo 1100 burger kentang goreng

Sedikti berbeda dengan Perancis, warga negeri Paman Sam ini menyukai kuantitas besar kuliner mereka.  Waktu makan siang juga sangat diutamakan oleh warga Amerika, meski nggak jarang menikmati menu santap ini dihabiskan di meja kerja sambil memainkan smartphone. (LS)