Comment

Korban Diskriminasi, Model Ini Dipecat Karena Sedang Haid

Dalam dunia industri manapun, kaum perempuan kerap kali jadi korban diskriminasi dan pelecehan. Termasuk dalam industri model. Rachel Ricket, seorang model yang bekerja untuk sebuah agensi iklan harus mengalami pemecatan hanya karena sedang haid.

Pada bulan April lalu Rachel sedang bekerja menjaga booth Hyundai di acara New York International Auto Show di Jacob K. Javits Convention Center, New York, Amerika Serikat. Pada malam harinya, Rachel mengalami haid. Sehingga di hari dia bekerja, wanita cantik itu beberapa kali izin untuk ke toilet.

Rachel mengatakan bahwa saat itu booth yang dia jaga tengah ramai. Namun, karena baru hari pertama haid, darah menstruasinya terlalu banyak. Dia harus mengganti tampon dan membersihkan stocking dan underwear-nya. Rachel berusaha bersikap profesional dengan menjelaskan hal tersebut ke pihak agensi modelnya yang memberikan pekerjaan.

hyundai

Hyundai kemudian memintanya agar mengambil waktu istirahat di malam harinya, meski Rachel tetap ingin bekerja. Sayangnya, di hari selanjutnya, agensi modelnya mengatakan bahwa Hyundai telah memecatnya. Dalam pernyataannya, Hyundai mengatakan bahwa tidak ingin bekerja dengannya lagi.

Rachel merasa bahwa Hyundai tidak memaklumi dirinya yang tengah haid dan perlu untuk ke toilet. Dalam pernyataannya kepada Huffington Post, Rachel mengatakan bahwa tindakan perusahaan mobil asal Korea itu tidak benar.

“Aku tidak akan membiarkan orang memperlakukan wanita seperti ini. Haid adalah hal yang natural. Aku bukan ingin mendapatkan perlakuan spesial karena hal ini. Aku hanya ingin dihormati sebagai individu dan diperbolehkan ke toilet. Dan janganlah dianggap sebagai pekerja yang buruk karena aku pergi ke toilet,” ucap Rachel.

Sumber: Huffingtonpost