Comment

Cara Memulai Hidup Minimalis Bisa Kamu Mulai dari 7 Langkah Ini

Pernah merasa bosan dengan rutinitasmu saat ini? Mengapa nggak mencoba untuk jalani hidup yang berbeda? Seperti sebagai seorang minimalis, misalnya.

Minimalis bukan sekedar gaya sebuah rumah, lho. Pola hidup ini mulai marak dikumandangkan oleh kaum yang mencari perubahan dan makna dalam hidup. Kamu pun dapat mencobanya dengan tujuh langkah berikut ini.

Menuliskan alasan

ahloo-2100-jurnal-rencana-tulis

Tugas pertama untuk mulai menjalani hidup minimalis adalah mengurai tujuanmu dari gaya hidup ini. Jujurlah pada hal-hal yang bikin kamu bosan dan perlu adanya perubahan. Saat lelah mencoba, kamu harus baca kembali motivasi ini.

Utamakan kualitas

ahloo-1700-first-jobber-kopi-baca-buku-santai-pria

Hidup minimalis dapat dimulai dari menghitung waktu tak produktif. Misalnya durasi pakaian kerja di pagi hari atau scrolling down lini masa dan menggantinya dengan membaca cerpen meski hanya lima menit saja.

Bersih-bersih barang pribadi

ahloo-belanja

Coba lihat kamar kamu dan mulai buang barang tak berguna yang malah bikin sumpek.

Jual pakaian

ahloo 0900 belanja online sepatu

Menurut penelitian, kita hanya menggunakan 20 persen dari keseluruhan pakaian yang ada di lemari. Yuk mulai pilih pakaian yang sangat dibutuhkan dan lainnya bisa kamu jual sebagai barang second hand.

Budgeting

ahloo-1700-asuransi-kesehatan-biaya-rumah-sakit

Nggak kalah penting dari coba menjalani gaya hidup minimalis adalah membuat daftar pengeluaran. Coret yang secara kuantitas merugikanmu dan fokuslah pada kualitas dari tiap kamu berbelanja.

Jangan malu pinjam barang!

ahloo-1900-kamera-mirrorless-liburan-dokumentasi minimalis

Buang jauh gengsimu untuk memiliki sesaat barang yang kamu idamkan. Misalnya kamera mirrorless, dari pada beli tapi hanya dipakai saat akhir pekan alangkah bijak jika kamu menyewa saja.

Belanja awet

ahloo 0900 sepatu olahraga toko belanja

Belanja boleh saja, tapi syaratnya harus yang dibutuhkan olehmu dan awet. Mungkin harganya sedikit mahal, tapi kamu melihatnya sebagai investasi jangka panjang.