Comment

Ternyata Mumi Bukan dari Mesir, Tapi Berasal dari Negara Ini!

Fakta baru tentang mumi baru saja terungkap. Peneliti menyimpulkan manusia zaman dahulu yang diawetkan ini bukan berasal dari Mesir.

ahloo-1700-mumi-bukan-dari-mesir-1

Berdasarkan hasil penelitian yang diungkapkan dalam jurnal Nature Communicatons tersebut, dari tiga jenazah yang dibalurkan pengawet ini secara genetik jauh berbeda dari masyarakat Mesir yang hidup saat ini. Peninggalan masa lalu yang ditemukan di pesisir Sungai Nil ini malah mirip dengan DNA masyarakat di Israel, Lebanon, dan Syria.

ahloo-1700-mumi-bukan-dari-mesir-2

Peneliti meyakini, metode yang mereka gunakan lebih spesifik karena berdasarkan banyak rentang waktu hidupnya. Selain itu, mereka akhirnya mengkhususkan pada tiga mumi saja karena objek inilah yang memiliki genom lengkap.

Dapat ditarik kesimpulan genom DNA pada jenazah itu memiliki Gen sub-Saharan Afrika yang saat ini tak dimiliki sekitar 20 persen penduduk Mesir. Pimpinan peneliti Johannes Krause menjelaskan munculnya mumi pemilik gen bawaan dari negara tetangga ini terkait proses penyebaran Islam dan sejarah perdagangan di Afrika. (LS)

sumber: the verge