Comment

Ikuti 5 Langkah Ini Agar Dompet Kamu Gak Bokek Selama Bulan Puasa

Bulan puasa bukan hanya melatih seseorang untuk menahan nafsu makan dan haus, puasa yang bermakna juga harus menahan nafsu belanja dan pola konsumsi yang berlebihan. Sebab, di bulan puasa tingkat belanja seseorang justru tinggi.

Itulah mengapa harga barang sembako atau produk papan selalu naik ketika bulan puasa tiba. Banyak orang tidak sadar, ketika bulan puasa tingkat konsumsi dan belanja justru meningkat dibanding bulan lainnya.

ahloo-bokek1-1

Salah mengatur, dompet kamu malah bisa bokek sebelum bulan puasa berakhir. Nah, supaya keuangan tetap stabil dan aman. Nih, ahloo berikan tips yang menarik supaya kita dapat menahan pola konsumsi yang berlebihan.

1. Hindari berhutang

Keperluan yang banyak dan uang simpanan yang terbatas membuat orang kadang memilih jalan ini. Bahkan beberapa orang berutang lewat kartu kredit untuk keperluan Lebaran dan mudik.

Jika memang tidak punya uang sebaiknya tunda atau kurangi pengurangan besar. Seandainya memang harus menunda mudik, ya tidak masalah dibandingkan kamu harus terjebak hutang yang membengkak.

2. Jangan terlalu sering berbuka puasa di luar

Setelah seharian menjalani puasa, berkumpul dengan teman atau keluarga untuk melakukan buka bersama di restoran atau tempat makan lainnya tentu sangat menyenangkan. Meski menyenangkan, hal ini akan membuat pengeluaranmu jadi besar jika sering dilakukan.

Harga makanan di luar tentu akan lebih mahal pada saat puasa karena harga bahan pokok yang juga melonjak. Akan lebih baik dan lebih hemat jika kamu berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana.

ahloo-bokek1-3

3. Mencatat pengeluaran harian

Catatan ini dapat dipakai untuk mengingatkan diri kamu untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja. Selain itu, dengan mencatat pengeluaranmu, maka kamu pun secara tidak sadar akan jadi lebih teratur dan berhemat karena selalu tahu berapa banyak uang yang keluar.

4. Mengelompokkan pengeluaran untuk hari raya Lebaran

Hal yang biasa terjadi selama bulan Ramadhan adalah harga bahan pokok yang meningkat. Perhitungkan juga biaya untuk membeli hadiah bagi sanak saudara, membeli pakaian baru, membeli atau membuat kue lebaran, dan biaya untuk pulang kampung.

Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Lebaran ini harus mulai kamu persiapkan perhitungannya agar lebih teratur. Lebih baik gunakan uang bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaanmu untuk memenuhi keperluan ini.

ahloo-bokek1-2

5. Menahan keinginan untuk belanja

Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, kamu juga harus bisa menahan keinginanmu untuk berbelanja selama bulan ini. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang akan membuat kamu tergiur, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak boros.