Comment

Kenali Gejala Glaukoma yang Berasal Dari Obat Tetes Mata

Glaukoma adalah salah satu gangguan mata yang patut diwaspadai dan tidak bisa dianggap sepele. Glaukoma merupakan kondisi dimana tekanan bola mata yang sangat tinggi dan mampu menyebabkan kebutaan karena saraf mata yang rusak parah.

ahloo glaukoma

Selain faktor keturunan, trauma, penyakit tumor dan diabetes, ternyata glaukoma juga bisa disebabkan karena penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid jangka panjang, seperti inhaler, alat penyakit asma, tetes mata, obat alergi dan radang sendi secara berlebihan. Kasus yang sering terjadi adalah penggunaan obat tetes mata tanpa petunjuk dari dokter.

ahloo glaukoma

Data badan kesehatan WHO pada tahun 2010 menyebutkan bahwa setidaknya hampir 399 juta orang di dunia mengalami kebutaan, yang dimana diantaranya 8% disebabkan oleh glaukoma.

ahloo glaukoma

Hingga saat ini glaukoma merupakan salah satu penyebab kebutaan terbesar kedunia setelah katarak. Maka dari itu penggunaan obat tetes mata tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (SA)