Comment

Hemat Budget, Resepsi Pernikahan Ini Nggak Lebih Dari Rp 20 Juta!

Pernikahan adalah sebuah momen yang cukup sakral bagi sebagian orang yang ingin mengikat janji suci sehidup semati untuk saling mencintai dan membangun keluarga bahagia bersama. Tentunya sebuah pernikahan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup karena disamping biaya pernikahan yang tidak murah, sebuah perceraian adalah hal yang paling dibenci oleh Tuhan.

Maka dari itu banyak kaula muda atau generasi mudah yang sebenarnya dari segi mental sudah “mapan” untuk menikah, namun masih terkendala dengan biaya. Apalagi buat kamu yang ingin membiayai pernikahan kamu sendiri tanpa merepotkan orangtua. Nah, kali ini ahloo bakal kasih tips buat kamu yang ingin melakukan resepsi pernikahan dengan low budget.

1. Menikah di KUA bisa jadi tips jitu buat pangkas biaya kamu

ahloo resepsi pernikahan

Di KUAS biasanya tidak dipungut biaya apapun, kecuali biaya administrasi yang nggak lebih dari Rp 100.000. Biar lebih hemat lagi, kamu bisa mengadakan pernikahan di hari kerja. Karena jika kamu menyewa petugas catatan sipil di luar KUA, maka biaya yang kamu keluarkan sebesar Rp 600.000

2. Mengikat janji suci di rumah ibadah juga lebih hemat

ahloo resepsi pernikahan

Selain menikah di KUA, menikah di rumah ibadah juga bisa jadi salah satu cara untuk mengemat biaya pernikahan kamu, contohnya di masjid. Kamu hanya cukup membayar infaq masjid sebesar Rp 500.000 dan penghulu Rp 500.000 atau sesuai dengan ketentuan masjid itu sendiri.

3. Butuh suasana outdoor? Garden party bisa jadi solusi kamu!

ahloo resepsi pernikahan

Menikah nggak harus melulu dilakukan di ballroom hotel atau gedung mewah. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggelar resepsi pernikahan kamu di beberapa taman yang memiliki halaman cukup luas. Kamu juga bisa meminjam lapangan atau taman milik saudara/kerabat kamu.

4. Sewa aula/gedung serbaguna ternyata bisa jadi salah satu alternatif!

ahloo resepsi pernikahan

Biaya sewa aula/gedung serbaguna jauh lebih hemat dibandingkan dengan sewa gedung pernikahan atau ballroom hotel. Selain itu kamu bisa dengan leluasa mendekor dan memberikan hiasan sesuai selera kamu dan pasangan.

5. Paling hemat ya pasti dirumah sendiri dong!

ahloo resepsi pernikahan

Cukup menggelar pesta kecil-kecilan dengan beberapa tamu undangan yang berasal dari kerabat dekat, sahabat, keluarga bahkan tetangga. Biasanya sih bakalan ada yang mau berbaik hati untuk menyumbangkan tenda, mc atau sekedar katering.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu jajal untuk melangsungkan pernikahan secara low budget. Tentunya hal ini perlu kamu diskusikan dengan calon pasangan kamu dan keluarga. Jangan takut menikah lagi ya, karena menikaj itu ibadah dan butuh niat yang teguh untuk menjalankannya. (SA)