Comment

Jika Tidak Lihai Memainkannya, Fidget Spinner Bisa Membuat Kamu Celaka!

Fidget spinner. Mainan ini sangat populer bagi anak-anak dan orang dewasa. Di berbagai toko online, penjualan fidget spinner makin tinggi sesuai dengan ragam bentuknya yang berbeda-beda. Media sosial dan Youtube jadi salah satu faktor merebaknya mainan ini.

Apa yang membuat fidget spinner tenar? Klaimnya, mainan ini mampu meredakan stres dan meningkatkan fokus. Meski terlihat simple, penggunaan fidget spinner ternyata mulai menunjukkan sisi buruknya. Terutama ketika para pengguna yang kebanyakan anak-anak melakukan berbagai macam trik.

fidget-spinner1

Sejauh ini sudah ada dua peristiwa berbahaya yang terjadi akibat memainkan fidget spinner. Alexa, seorang bocah usia 9 tahun dari dari Syracuse, Amerika Serikat harus kehilangan sebagian giginya.

Alexa saat itu tengah berkendara dengan ibunya di dalam mobil. Lalu tiba-tiba saja mainan fidget spinner yang tengah berputar mengenai gigi dan membuatnya patah. “Tiba-tiba saja saya mendengar anak saya berteriak ‘gigiku!’. Saya melihat ke belakang bertanya ‘ada apa?’. Dia bilang fidget spinner mengenai mulutnya dan memberikan saya sebagian giginya,” ujar sang ibu, Michelle.

Sebelumnya peristiwa yang terjadi bahkan lebih parah. Kelly Rose Joniec menceritakan insiden yang menimpa putrinya, Britton. Saat itu mereka tengah berkendara menuju rumah ketika Britton tiba-tiba tersedak sesuatu di kursi belakang.

“Saya tengok dari cermin depan, saya lihat wajahnya memerah dan air liur keluar dari mulutnya. Ia juga terlihat panik jadi saya langsung menepi,” kata Kelly. Dia menduga bahwa putrinya tersedak. Kelly pun mencoba membantunya dengan melakukan manuver Heimlich, tetapi tak berhasil.

fidget-spinner2

Dengan gerak cepat, Kelly langsung membawa Britton ke IGD terdekat. Sayangnya dokter yang berjaga tidak dapat mengatakan dimana obyek itu tertahan. Britton kemudian dibawa dengan ambulans ke Texas Children’s Hospital dan lewat sinar X, logam itu ditemukan di dalam kerongkongan bocah berusia 10 tahun itu.

Pasca kejadian itu, US Consumer Product Safety Commission menyampaikan peringatan pada para orang tua agar menjauhkan bagian-bagian kecil mainan dari anak-anak kecil untuk menghindari risiko tertelan dan tersedak. Jadi tidak hanya bearing fidget spinner saja, tapi juga mainan yang lain. Paling tidak orang tua perlu memberikan pengawasan saat anak-anak di bawah tiga tahun sedang bermain-main.