Comment

Harga Bawang Putih Naik, Inilah 6 Hal yang Wajib Kamu Tahu

Melonjaknya harga bawang putih cukup bikin deg-degan. Masalahnya, bahan bumbu yang satu ini mendominasi rasa hampir seluruh sajian di Indonesia. Nah, terkait dengan harga bawang putih naik, ahloo telah merangkumkan enam hal yang patut kamu tahu.

Harga tembus 60 ribu rupiah

ahloo-1700-bawang-putih-naik-1

Harga bawang putih sudah merangkak sejak sepekan lalu. Mulanya dari 35 ribu rupiah, naik 10 ribu rupiah, hingga di awal pekan ini menembus harga 60 ribu rupiah perkilogramnya.

Penyebab mahalnya bawang putih ternyata…

ahloo-1700-bawang-putih-naik-3

Jumlah kuota impor yang berkurang. Menurut data Badan Pusat Statistik, ada penurunan dari 39,47 juta kg menjadi 24 juga kg yang diimpor dari Tiongkok. Sementara itu kebutuhan di Indonesia lagi tinggi-tingginya, terlebih karena persiapan bulan Ramadhan.

Tindakan pemerintah

ahloo-1700-menteri-perdagangan-enggar

Atasi harga bawang putih naik, pemerintah mengirimkan sembilan ribu ton ke pasar-pasar induk. Tindakan membuat kesepakatan tata niaga bawang putih juga telah diambil pemerintah untuk mengendalikan harganya di bawah 38 ribu rupiah setiap kg.

Bawang putih impor

ahloo-1700-bawang-putih-naik-2

Kamu mungkin nggak menyadari, tapi dapat dipastikan cita rasa bawang putih dalam tiap masakan yang kamu makan berasal dari India dan Tiongkok.

Sejak awal 2000an, Indonesia memang sudah tak lagi swasembada komoditas ini. Hingga kini 90 persen pasar bawang putih dikuasai impor.

Alasan impor

ahloo-1700-bawang-putih-naik-4

Tingginya persentase ini bermula dari penghapusan tarif impor bawang putih asal Tiongkok dalam perarturan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) tahun 2005.

Harga bawang putih jadi lebih murah dan petani Indonesia jadi kalah saing. Petani ogah menanam karena biaya produksi nggak sebanding dengan harga beli masyarakat. Meski padahal soal rasa, produksi dalam negeri kualitasnya lebih nikmat dari asal Tiongkok atau India.

Komoditas mahal

ahloo-1700-bawang-putih-naik-5

Dikutip dari detik.com dalam wawancara dengan Direktur Budidaya dan Pasca Panen Sayuran Kementrian Pertanian Yanuardi, pada tahun 2016 lalu, bahwa tahun 1996 banyak petani di Malang, Jawa Timur yang makmur dari bawang putih. Komoditas yang disebut juga ‘emas putih’ ini meningkatkan taraf hidup petani, hingga mereka mampu beli mobil mewah. (LS)

sumber: pelbagai sumber