Comment

5 Fobia Langka yang Mungkin Belom Kamu Tahu, Bisa Jadi Kamu Salah Satunya!

Fobia yang kerap kita dengar pada umumnya adalah fobia ketinggian, keramaian, gelap, dan tempat sempit. Namun ternyata selain beberapa fobia umum itu masih ada fobia langka yang jarang kita tahu, bahkan bisa dibilang tidak pernah mendengarnya.

1. Mageirocophobia (Fobia memasak)

ahloo fobia langka

Ketakutan ini membuat para pengidapnya lemah karena pola makan hidupnya berpotensi terganggu. Penderita fobia langka ini juga merasa sangat terintimidasi jika melihat orang yang jago masak.

2. Pediophobia (Fobia boneka)

ahloo fobia langka

Sudah jelas jika penderita fobia ini merasa bahwa boneka,robot,manekin selucu apapun, mereka menganggap bahwa semuanya itu menyeramkan. Menurut salah satu peneliti, Sigmund Freud mengungkapkan bahwa, gangguan itu timbul karena rasa takut jika boneka-boneka itu akan hidup.

3. Deipnophobia (Fobia percakapan)

ahloo fobia langka

Salah satu contoh fobia ini adalah ketika para penderitanya ini sedang makan di meja makan yang memang kerap menimbulkan suasana kikuk jika terjadi obrolan atau perbincangan. Hal yang terjadi adalah penderita ini cenderung lebih suka makan sendirian dibanding makan bersama.

4. Pentheraphobia (Fobia mertua)

ahloo fobia langka

Fobia ini sering terjadi di berbagai budaya barat dan timur yang merasa takut kepada para mertua khususnya mertua perempuan. Banyak film-film barat yang pernah mengangkat cerita dari fobia ini.

5. Cathisophobia (Fobia duduk)

ahloo fobia langka

Nggak bisa dibayangkan betapa sengsaranya para penderita fobia ini. Pasalnya ini bukan fobia yang sepele, namun fobia yang cukup serius terutama pada bidang medis. Ciri-ciri penderitanya adalah merasa berkeringat, napas tersengal dan cepat cemas jika disuruh duduk. Fobia ini biasanya terjadi karena trauma masa lalu, contohnya ketika sedang menjalani hukuman saat masa sekolah.

Begitulah beberapa fobia yang jarang terdengar namun bisa dibilang memiliki resiko yang cukup serius. Walaupun sudah banyak yang terkena fobia ini, semoga kita juga nggak terkena fobia ini ya. (SA)