Comment

Pasar Malam Tjap Toendjoengan, PRJ Nya Arek-Arek Suroboyo

Jika DKI Jakarta punya Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair, warga Surabaya juga memiliki agenda spesial. Namanya, Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Tahun ini merupakan ke-9 kalinya arek-arek Suroboyo dimanjakan dengan festival tersebut dalam rangka menyambut hari ulang tahun Surabaya yang ke-724.

Sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Jawa dan di Indonesia, Surabaya memang memiliki magnet layaknya Jakarta. Industri dan infrastruktur di kawasan provinsi Jawa Timur kini juga tidak kalah dengan Jakarta. Sebuah faktor penting yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warganya.

Nama Pasar Malam Tjap Toendjoengan juga bukan asal dipilih. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya, Arini mengatakan pasar malam ini digelar untuk mengenang kawasan Tunjungan yang dahulu pernah menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya.

Pasar identik dengan kegiatan transaksi antara pembeli dan pedagang. Dan, salah satu kekuatan Pasar Malam Tjap Toendjoengan adalah pada kekayaan kuliner mereka. Sejak dibuka pada 4 Mei hingga berakhir pada 4 Juni mendatang, lebih dari 500 sampai 600 menu makanan dan jajanan Nusantara hadir di pasar malam ini.

Di antaranya rujak777 cingur, nasi liwet, nasi Bali, aneka sate, gudeg, semanggi, ronde, lontong balap, lontong kupang, pempek, tahu tek, es Manado, rawon, hingga bubur Madura. Jadi, buat kamu yang kebetulan sedang berada di Kota Pahlawan, buruan deh mampir ke sana!

ahloo-pasar-toendjoengan

Oh iya, di pasar malam kamu bukan hanya disajikan beragam kuliner loh. Pasar Malam Tjap Toendjoengan turut diramaikan dengan pementasan campursari, keroncong, dan musik patrol, cokekan, hingga peragaan busana tradisional nusantara.

Dengan tema utama, Kampung Melayu, warga Surabaya dan sekitarnya bisa menikmati wisata kuliner sekaligus menapaki sejarah budaya nusantara. Pasar ini juga dibuat lebih modern dengan menerapkan sistem transaksi non tunai. Selain memudahkan pengunjung, pemakaian kartu ini juga untuk mendukung program Pemkot Surabaya.