Comment

Cara Pemerintah Bangkok Kembalikan Hak Pejalan Kaki Wajib Ditiru Jakarta, Nih!

Setidaknya sekali dalam hidupmu, kamu pasti pernah menikmati nyamannya berjalan di trotoar. Namun, kadang kali hak kamu sebagai pejalan kaki terusik dengan gangguan yang menjengkelkan.

ahloo-1900-pejalan-kaki-trotoar-motor

Gangguan tersebut bisa berupa pedagang kaki lima, fasilitasnya yang nggak baik, hingga pengendara kendaraan yang sengaja melintasi trotoar untuk suatu alasan. Keberadaan mereka ini bikin kesal dan kamu pun bisa jadi malas untuk jalan kaki.

Nah pemerintah kota Bangkok punya cara baru agar warganya kembali dapat menikmati fasilitas trotoar dengan nyaman. Negeri gajah putih itu segera menyelenggarakan kampanye pelaporan tindakan merugikan tersebut dengan sambungan langsung ke balai kota setempat.

ahloo-1900-foto-mobil pejalan kaki

Warga akan diminta untuk mengirimkan foto serta video yang menguatkan bukti laporannya. Di dalamya wajib tertera nomor kendaraan yang terparkir di trotoar atau penjaja makanan yang menghalangi jalan.

ahloo-1900-jalan-kaki-kota

Kampanye ini jadi menarik lantaran ada hadiah berupa uang tunai yang dapat diterima oleh pelapor. Jumlahnya antara seribu hingga lima ribu bath, atau setara dengan 1,9 juta rupiah.

ahloo-1900-pejalan-kaki-thailand-bangkok

Cara baru ini ditempuh pemerintah Bangkok lantaran langkah mereka sebelumnya nggak berhasil. Hmm, mungkinkah cara ini juga dapat diikuti Jakarta? (LS)

sumber: bk asia city