Comment

Masih Ingat Dagelan Ojek Terbang? Kendaraan Ini Bisa Mewujudkannya Jadi Nyata Loh!

Pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kemarin, calon wakil Gubernur, Sandiaga Uno sempat memaparkan ide untuk mengembangkan teknologi ojek terbang. Menurutnya ide itu bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta yang tak pernah reda kecuali musim Lebaran.

Sontak ide itu mendapatkan cibiran dari lawan politik sekaligus pendukung calon rivalnya. Mereka mengatakan ide Sandiaga soal ojek terbang hanya mengada-ada dan tak mungkin bisa diwujudkan. Benarkah demikian?

lilium-landing-pad-pier2

Kendaraan terbang selain pesawat sebenarnya sudah lama dikembangkan sebagai alat transportasi alternatif. Nah, teknologi kendaraan terbang yang terbaru ini baru saja diselesaikan prototipenya di Jerman oleh pengembang Lilium Aviation.

Mobil terbang milik mereka sukses menjalankan ujicoba. Ia berhasil terbang sejauh 300 kilometer dengan kecepatan 183 mph. Lilium, nama mobil itu, tidak menggunakan bahan bakar konvensional.

lilium-full-scale-prototype-workshop1

Energinya berasal dari tenaga listrik yang bersumber di baterai. Sekali mengisi ulang, Lilium mampu terbang hingga 300 mill atau lebih dari 500 kilometer. Lalu apa yang membedakan Lilium dengan mobil terbang sebelumnya.

Lilium diciptakan dengan konsep mirip drone. Meski memiliki sayap 10 meter, cara terbangnya mirip seperti helikopter sehingga tidak terlalu membutuhkan lahan luas untuk landasan pacu atau landasan mendarat.

Nah, coba deh kamu bayangkan kalau pengembangnya membuat Lilium jadi bentuk yang lebih simple seukuran sepeda motor. Itu artinya, ide gila Sandiaga Uno soal ojek terbang bisa jadi akan terwujud. Apalagi sekarang dia dan pasangannya, Anies Baswedan sudah resmi memenangkan Pilkada DKI Jakarta.

Apakah menurut kamu ojek terbang bisa terwujud?

Sumber: theverge.com