Comment

Hati-hati, Hormon Bisa Membuat Kamu Terjebak dalam CLBK!

Cinta lama yang bersemi kembali alias CLBK. Kamu pasti familiar dengan istilah populer itu atau mungkin kamu pernah terjebak dalam CLKB? Buat yang masih lajang atau jomblo sih gak masalah bila terjebak dalam CLBK. Namun bisa jadi masalah besar buat mereka yang sudah menikah. Fenomena ini sering terjadi loh. Sebuah keluarga hancur karena salah satu pasangannya terlibat dalam CLBK. Tahukah kamu bahwa ini terjadi secara ilmiah karena dorongan hormon.

ahloo-clbk2

Nancy Kalish, seorang ahli psikologi dari California State University di Sacramento, Amerika Serikat menjelaskan dorongan hormon menjadi penyebab utama ketika laki-laki dan perempuan yang dulu pernah bersama tiba-tiba merasa kembali jatuh cinta. Tubuh dua sejoli itu melepaskan hormon bernama oxytocin dan vasopressin yang tugasnya membuat kita merasa tertarik secara fisik lalu lama kelamaan merasa nyaman.

Khusus bagi pasangan yang dulu pernah bersama, hormon ini membentuk kenangan emosi di dalam otak dan menyimpannya di amygdala. Ketika kamu bertemu dengan mantan pacar mu itu, memori di otak melepaskan kembali ingatan lama tentang perasaan dekat, nyaman, dan emosi menyenangkan lain. Itulah yang memicu terjadinya CLBK.

Dalam penelitian Kalish, fenomena CLBK disebut juga sebagai Lost Love Project. 62 persen orang yang mengaku pernah terlibat dalam CLBK mengatakan pertemuan dengan sang mantan kebanyakan diawali komunikasi melalui jejaring media sosial seperti Facebook.

ahloo-clbk-1

CLBK yang terjadi bukan menjangkit pasangan yang dulu pernah pacaran saja loh. CLBK bisa juga terjadi pada bekas sahabat semasa kecil, bekas teman satu geng saat remaja, atau mungkin mantan tetangga di kampung halaman. Selain itu, cinta bisa tumbuh pada orang-orang yang sewaktu kecil berteman dekat karena perasaan dekat dan familiar, serta kesamaan akar dan nilai-nilai yang dianut.

Namun CLBK tidak berlaku bagi pasangan yang dulu putus karena konflik atau ketidakcocokan. Jadi, jika kamu pernah punya mantan yang putus karena sering ribut, yah jangan harap bisa balikan. Namun kalau ada masalah lain, tidak direstui misalnya, bisa jadi kamu akan terjebak dalam CLBK. (dj)

Sumber: Intisari