Comment

Serba-serbi yang Harus Kamu Tahu dari Nyepi 2017

Selasa, 28 Maret tepat menjadi perayaan Hari Raya Nyepi 2017 di Indonesia. Momen pergantian tahun Saka ini diperingati dengan cara meninggalkan aktivitas yang bernuansa duniawi dan lebih banyak mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Berikut ini serba-serbi lainnya yang menarik disimak terkait dengan Nyepi.

Penerbangan terhenti

ahloo-2000-nyepi-2017-pesawat-bali

Sebagai bentuk toleransi terhadap umat Hindu yang merayakan Nyepi, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup selama sehari penuh. Karena itu setidaknya 324 penerbangan ditiadakan.

Semua tempat tutup, kecuali…

ahloo-2000-rumah-sakit

Segala aktivitas duniawi dipastikan terhenti saat Nyepi. Mulai dari pertokoan, bar, hingga bandar udara dan pelabuhan yang terhubung dengan Pulau Dewata. Namun, rumah sakit adalah tempat yang mendapat pengecualian.

Tanggal berbeda tiap tahunnya

ahloo-2000-kalender

Nyepi jadi salah satu hari besar yang tiap tahunnya diperingati dengan tanggal berbeda. Hal ini dikarenakan penanggalannya berbeda dengan kalender Masehi. Hanya ada 30 hari dalam setiap bulannya.

Apa yang aktivitas bule di Bali saat Nyepi?

ahloo-2000-pantai-bule-hammock

Selain traveller domestik, Bali terkenal sebagai destinasi wisata buruan para bule. Saat Nyepi, wisatawan dilarang keluar dan menghabiskan waktunya di hotel dengan agenda yang telah disiapkan pihak penginapan.

Ogoh-ogoh

ahloo-2000-ogoh-ogoh-bali

Mengarak boneka raksasa (ogoh-ogoh) jadi agenda yang menarik wisatawan tiap Nyepi tiba. Setidaknya ada 7.079 ogoh-ogoh yang diarak dari kawasan Buleleng, Gianyar, dan Denpasar pada Nyepi 2017 ini.

Sejak kapan Nyepi jadi hari libur Nasional?

ahloo-2000-soeharto-presiden

kompas.com

Penetapan Nyepi menjadi libur Nasional berlaku sejak Keputusan Presiden nomor 3 tahun 1983 sah ditandatangani Presiden Soeharto. Pada surat ini ditetapkan pula Waisak sebagai hari libur.

Nyepi hanya di Bali

ahloo-2000-mangga-muda-ugadi

Istilah Nyepi hanya digunakan oleh umat Hindu yang mendiami Bali. Di India bagian Selatan, hari pergantian tahun ini disebut dengan Ugadi.

Perayaan tersebut dilewati dengan menikmati kuliner khas yang memiliki rasa nano-nano. Sebab, terbuat dari mangga muda, bunga semambu, gula mentah (jaggery), dan buah asam.

Selamat Hari Raya Nyepi bagi Sobat ahloo yang Merayakan!