Comment

Wow, Mobil Ini Menggunakan Bahan Bakar dari Olahan Air Limbah!

Inovasi di bidang teknologi otomotif dan transportasi makin canggih saja. Kini, sumber bahan bakar kendaraan tak lagi tergantung pada bensin (minyak bumi). Terbaru, produsen mobil SEAT bekerja sama dengan perusahaan pengolahan air limbah Aquila menciptakan inovasi mobil berbahan bakar olahan air limbah.

SEAT dan Aquila berusaha menjawab masalah polusi air limbah yang makin meningkat dari tahun ke tahun. Mereka akhirnya berhasil menemukan jalan keluar. Air limbah diolah sedemikian rupa di sebuah lokasi di Spanyol.

Air yang terkontamisasi limbah dipisahkan dari unsur kimia yang berbahaya. Proses pemisahan itu menghasilkan biogas yang mereka sebut sebagai blomethane. Jika dibandingkan dengan bensin biasa, blomethane ini cukup ramah lingkungan karena bisa memangkas produksi emisi karbon hingga 80 persen.

ahloo-olahan-air-limbah

Nilai lebihnya, jenis gas yang diproduksi dapat dimanfaatkan pula oleh kendaraan berbahan bakar compressed natural gas (CNG). Kini para penggagas sedang menyelesaikan pilot proyek lain dimana air limbah dikonversi menjadi gas.

Untuk sebuah pabrik pengolahan air limbah ukuran menengah, kapasitas volume air limbah yang diolah bisa mencapai 353 ribu kaki kubik per hari. Jumlah sebanyak itu bisa menghasilkan 35.000 kaki kubik untuk 150 kendaraan dengan jarak 62 mil per hari. Keren ya!! (dj)

Sumber: Inhabitat