Comment

Berpelukan Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia dan Jauh Dari Kata ‘Penyakitan’, Cobain deh!

Berpelukan adalah sebuah tindakan fisik yang dapat menimbulkan perasaan hangat dan nyaman. Acapkali pelukan dilakukan ketika seseorang sedang mengalami kesedihan, shock, kangen, rindu, sayang, takut dan cemas.

Namun tahukah kamu, walaupun terlihat ‘B aja’ ternyata ada manfaat luar biasa dari sebuah pelukan. Maka diluar negeri sering memperingati hari berpelukan nasional atau National Hug Days yang diperingati setiap tanggal 10 Maret.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat dari pelukan, kalo udah tau manfaatnya bisa langsung dicoba aja, tapi pastikan satu keluarga jangan sama orang yang baru dikenal ya.

1. Pelukan itu bisa jauhin kamu dari yang namanya penyakit infeksi lho.

manfaat berpelukan

Profesor psikologi asal Carnegie Mellon University, Amerika Serikat bernama Prof. Sheldon Cohen mengungkapkan bahwa berpelukan dapat menjauhi kita dari infeksi ada kaitannya antara frekuensi risiko tertularnya penyakit infeksi.

2. Semakin sering berpelukan, maka jantung kamu akan semakin sehat!

manfaat berpelukan

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasihan pada tahun 2011, berpelukan ternyata memiliki efek yang sama ketika kita berolahraga. Saat kita berolahraga otomatis kinerja jantung kita semakin stabil, itulah yang terjadi saat kamu berpelukan, karena berpelukan dapat membuat tekanan darah terkontrol dengan baik sehingga irama jantung tetap normal dan terjaga.

3. Kalo kamu pelukan, hormon oksitosin kamu akan meningkat drastis.

ahloo manfaat pelukan

Hormon Oksitosin adalah hormon yang bertanggung jawab atas semua rasa senang dan bahagia. Dengan berpelukan hormon oksitosin kamu ini akan meningkat 2x lebih tinggi dari biasanya. Mereka yang merasakan ini juga akan lebih fit dan jarang lelah. Karena hormon oksitosin ini membantu menghasilkan perasaan tenang, mengurangi stress, dan penurunan tekanan darah.

Jadi tunggu apalagi? Segeralah cari partner (keluarga/istri/anak/kerabat) untuk melakukan aktifitas ini setiap hari ketika ingin berangkat kerja, kuliah atau sekolah. Semoga bermanfaat. (SA)