Comment

Bulan Akan Menabrak Bumi 65 Miliar Tahun dari Sekarang

Lagi-lagi Bumi kembali menghadapi ancaman serius dari sistem tata surya kita. Kali ini ancaman itu mungkin akan mengakhiri seluruh kehidupan di permukaan Bumi untuk selamanya. Bulan diperkirakan akan menabrak Bumi dalam waktu 65 miliar tahun dari sekarang.

Dalam waktu lima milyar tahun dari sekarang ukuran matahari akan membesar ratusan kali lipat dari ukuran saat ini. Karena kejadian itu, apapun yang ada di permukaan Bumi akan meledak dan terbakar.

Membesarnya ukuran matahari akan mempengaruhi Bulan. Satelit alami milik Bumi itu akan terbakar dan jatuh menuju Bumi. Bulan akan dipenuhi lahar dan api yang memanas. Apa yang terjadi dengan manusia saat kejadian itu berlangsung?

Ilustrasi

Ilustrasi

Tentu saja manusia mungkin tak akan lagi bisa menyaksikannya. Sebelum Bulan sampai ke Bumi, manusia dan mahluk hidup lainnya akan mati lebih dulu. Dr Jason Barnes, peneliti planet dari University of Idaho mengatakan pada akhirnya Bulan dan Bumi akan benar-benar menyatu.

“Kita akan mungkin terlalu ‘sibuk’ untuk bisa menyaksikan kejadian itu. Inti Bumi akan meleleh bersama dengan ledakan dari api dan cahaya matahari,” kata Barnes. (dj)

Sumber: metro.co.uk