Comment

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Mobil Derek

Jumat (3/2) netizen dihebohkan dengan berita sebuah mobil yang sengaja dibakar oleh pemiliknya di Paseban, Senen, Jakarta Pusat. Pembakaran minibus Camry ini ternyata bentuk kekesalan pemilik karena menjadi sasaran petugas Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat saat menertibkan kawasan tersebut dengan menderek kendaraan yang kerap parkir sembarangan. Nah, terkait peristiwa ini berikut ahloo paparkan lima hal menarik terkait mobil derek.

Teknologi derek tanpa sopir

ahloo-1000-mobil-derek-nissan-liputan6

liputan6.com

Pabrikan kendaraan asal Jepang, Nissan telah membuat angkutan derek tanpa pengemudi (otonomos). Agar bisa jalan, alat transportasi ini menggunakan kamera, lanser pemindai, dan peta digital. Sayangnya, kendaraan yang dinamakan Intelegent Vehicle Towing ini hanya dioperasikan di pabrik Nissan di Oppama.

Tarif mobil derek non-tol

ahloo-1100-mobil-derek-dki-jakarta

dishub.jakarta.go.id

Kalau kamu menggunakan jasa derek dari pemerintah DKI Jakarta, kamu dikenai tarif mulai 20 – 80 ribu rupiah (ini khusus di jalan raya non-tol wilayah DKI Jakarta, ya). Jasa ini termasuk dengan retribusi pemasukan DKI Jakarta yang tercantum dalam Perda Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Retribusi Daerah.

Tarif jasa mobil derek di tol

ahloo 1000 mobil derek dki jakarta

beritadaerah.co.id

Nah kalau peristiwa mogoknya terjadi di jalur jalan tol yang dikelola Jasa Marga, tarif yang dikenakan berbeda. Ada mobil derek gratis dengan catatan kamu diantarkan bengkel pintu keluar terdekat. Ada pula yang dikenakan harga flat 100 ribu dan ditambah delapan ribu setiap kilometernya, jika kamu mau diantarkan sampai ke rumah.

Jenis mobil derek

ahloo-1100-mobil-derek-jenis-4

Kendaraan derek dengan pengait di belakang (hook and chain tow truck) dan tempat panjang di atas truk (flatbed two truck) tentu nggak asing lagi buat kamu. Tapi sebenarnya ada dua lagi tipe mobil derek yakni yang memusatkan cengkraman di roda (wheel lift tow truck) dan tambahan roda (tow truck with dolly).

Derek Carr

ahloo-1100-mobil-derek-carr

bleacherreport.com

Kata ‘derek’ nggak hanya berhubungan dengan kendaraan, tetapi juga nama seorang olahragawan rugby dari tim Oakland Raiders, Amerika Serikat. Meski agak maksa, benar-benar ada lho pria yang namanya Derek Carr ini. (ls)

sumber: pelbagai sumber // foto: Instagram @jktinfo