Comment

4 Makanan Beralkohol Ini Sering Kamu Konsumsi Tanpa Sadar

Alkohol sering kali coba dihindari karena efeknya mampu menghilangkan kesadaran. Namun selain dalam minuman keras, zat ini juga terdapat dalam makanan. Berikut adalah empat makanan beralkohol yang pasti kamu familiar.

Durian

ahloo-1200-buah-durian-1

lifehack.org

Buah yang punya banyak penggemar ini punya kadar gula dan alkohol yang tinggi. Jadi kalau makannya berlebihan, tubuh kamu mudah terasa panas dan gampang buang gas.

Tape

ahloo-1200-tape-singkong-makanan beralkohol alkohol jajan pasar

deherba.com

Pada dasarnya beras ketan atau singkong yang jadi bahan utama tape bebas dari alkohol. Tapi dengan penambahan ragi merubah sari patinya jadi glukosa dan akhirnya menghasilkan alkohol. Fermentasi tape sehari bisa menghasilkan kadar alkohol 1.76 persen dan biasanya makin lama didiamkan setelah diberi ragi, kadarnya makin tinggi.

Vanili

ahloo-1200-vanilla

seriouseats.com

Vanili atau vanilla pada dasarnya mengandung alkohol sampai 35 persen. Namun, saat proses mengekstrak ada bisa dibuat menjadi nggak beralkohol lagi dengan mencampurkan zat bernama gliserol atau propilen glikol.

Obat Batuk Hitam

ahloo-1200-makanan-beralkohol-obat-batuk-hitam-obh-sakit

abcnews.com

Pada obat batuk hitam (OBH) alkohol bisa dibahasakan sebagai ethyl alkohol, ethanol, atau elixir (larutan alkohol). Kandungannya bisa dua sampai tujuh persen. Tapi efek sebenarnya adalah melancarkan dahak dan bukan bikin mengantuk setelah meminumnya. (ls)

sumber: pelbagai sumber