Comment

8 Fakta Menarik Ajang Penghargaan SAG Awards

Selain Academy Awards (Oscar) dan Golden Globes, ada satu lagi ajang penghargaan perfilman bergengsi yang patut kamu ketahui. Namanya Screen Actors Guild Awards alias SAG Awards. Nah, berikut 8 hal penting kamu tahu agar makin paham dengan gelaran ini.

Ajang penghargaan termuda

ahloo-1100-sag-awards-1

foto: goldderby.com

Dibandingkan Golden Globes atau Academy Awards, SAG Awards adalah acara penghargaan yang paling terakhir tercipta yakni dimulai tahun 1995.

Agenda lelang

ahloo-1100-sag-awards-2

foto: looktothestars.org

Gelaran ini tak sekedar memberikan penghargaan bagi para insan pertelevisian dan perfilman. Diselipkan pula agenda mengumpulkan dana amal dari lelang skrip, kostum syuting, dan poster yang telah ditandatangani selebritis.

Dipilih oleh para selebritis juga

ahloo-1100-sag-awards-3

foto: sagawards2017.com

Unik sekali pemilihan pemenang ajang ini. Panitia yang disebut Screen Actors Guild and The American Federation of Television and Radio Arts (SAG-AFTRA) hanya menyediakan nama-nama nominasi. Namun pemenangnya merupakan hasil voting dari 160 ribu pemain film, penyanyi, dan jurnalis yang diminta memilih.

Piala bernama ‘The Actor’

ahloo-1100-sag-awards-3

cnn.com

Seperti ajang penghargaan pada umumnya, SAG Awards juga punya piala yang dimenangkan para pemain film dan serial. Piala dari perunggu yang disebut dengan nama The Actor ini beratnya persis dengan beban sebuah bola bowling. Sementara itu tingginya sekitar 41 sentimeter.

Setiap tahunnya ada 10 orang saja dari American Fine Arts Foundary di California yang bertanggung jawab untuk mencetak piala ini dengan tangan. Oh iya, masing-masing topeng yang dipegang itu ada namanya lho. Topeng yang tersenyum (komedi) dinamakan Thalia dan yang mewek (drama) disebut Melpomene.

Lokasinya selalu sama

ahloo-1100-shrine-auditorioum

famouswonders.com

Setiap tahunnya, acara digelar di tempat yang sama yakni di Shrine Auditorium, Los Angeles. Menariknya kuil berarsitektur serupa masjid yang dibangun pada 1906 ini sempat hancur karena kebakaran, namun di tahun 2002 tempat ini kembali berdiri dan populer.

Digelar pada waktu makan malam

ahloo-1100-sag-awards-4

tvshowtrailers.com

Para nominasi dan undangan yang datang ke acara ini menikmati acara penghargaan sambil menikmati beragam menu makanan. Nggak heran jika pemenang aktris wanita komedi tahun 2014, Julia Louis-Dreyfus pernah membawa makanannya sampai ke atas panggung saat menerima penghargaan.

Pemenang calon pemenang Oscar

ahloo-1100-sag-awards-5

goldderby.com

Karena digelar lebih dulu, katanya sih ajang SAG Awards ini seperti kode-kode untuk nama-nama yang akan dinominasikan di Oscar.

Meryl Streep

ahloo-1100-sag-awards-6

altfg.com

Nama Meryl Streep adalah aktris yang paling sering muncul dari 23 gelaran acara ini. Sebanyak 15 kali namanya dinominasikan dan berhasil membawa pulang dua piala pada 2003 dan 2008. (ls)