Comment

Permainan Ilusi Warna Ini Bisa Melatih Konsentrasi, Mau Coba?

Indera penglihatan kita tidaklah berdiri sendiri. Melalui organ mata, apapun obyek yang tertangkap olehnya akan dikirim ke otak. Sinyal inilah yang akan membantu kita menentukan obyek apa yang ada di depan kita.

Namun perlu diingat bahwa obyek pun dapat menipu mata. Terlebih bila obyek tersebut penuh dengan ilusi optik dan permainan warna. Misalnya, kita melihat ada tiga warna yang berbeda padahal sebenarnya yang ada di hadapan kita hanya dua warna.

Gak percaya? Coba perhatikan gambar di bawah ini.

ahloo-ilusi-warna-1

Menurut mu ada berapa warna di atas? Jika jawaban mu empat warna (hijau, biru, merah, dan orange) berarti kamu sudah terjebak ilusi warna. Warna hijau dan biru di gambar itu sebenarnya sama: hijau. Perhatikanlah baik-baik jika masih ragu.

Coba dengan gambar kedua di bawah ini. Apakah menurut kamu kotak A dan B memiliki warna yang sama atau berbeda?

ahloo-ilusi-warna-2

Jika jawaban kalian kotak A dan B memiliki warna beda, sekali lagi kalian terjebak ilusi warna. Gak percaya? Perhatikan gambar di bawah ini.

ahloo-ilusi-warna-3

Selain dua gambar tadi, ahloo juga punya kumpulan gambar ilusi warna yang lain loh. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini.

ahloo-ilusi-warna-5

Pada gambar sebelah kanan seperti ada empat warna padahal sebenarnya hanya ada tiga warna.

ahloo-ilusi-warna-4

Gambar kuda pertama dan kedua sekilas memiliki perbedaan warna padahal keduanya memiliki dua warna yang sama.

ahloo-ilusi-warna-6

Jika kamu perhatikan titik hitam sebelah kanan sambi sesekali melirik ke garis yang bergerak, kamu akan melihat warna biru yang muncul. Padahal warna itu sama sekali tidak ada.

ahloo-ilusi-warna-7

Perhatikanlah titik hitam di tengah gambar lalu fokuskan perhatian mu selama 10-15 detik. Tiba-tiba kamu akan lihat foto gedung itu penuh warna padahal gambar itu hanya berwarna hitam putih.

Bagaimana? Cukup asyik kan permainan ilusi warna ini? Jangan lupa bagikan ke teman lainnya. (dj)

Sumber: Brightside