Comment

Inilah Isi Pesan di Surat Dalam Botol Tertua di Dunia

Belum lama ini seorang nelayan Jerman bernama Konrad Fischer secara tidak sengaja menemukan sebuah botol berisi surat. Awalnya dia mengira itu surat botol biasa yang kerap kali ditemukan di lautan.

Setelah membukanya Fischer terkejut karena surat itu dibuat seabad yang lalu. Jelas itu lebih usia surat itu lebih tua dari dirinya. International Maritime Museum di Jerman pun mencatat benda itu sebagai surat dalam botol tertua di dunia. Namun apa sebenarnya isi surat itu?

Dengan dibantu para peneliti dari Berlin, silsilah surat itu akhirnya terungkap. Surat itu dibuat oleh Richard Platz. Dia menuliskan pesan singkat, “siapa yang menemukan botol ini, harap dikembalikan ke alamat saya di Berlin.”

Saat menulis surat tersebut usia Platz masih 20 tahun dan sedang berlibur bersama kelompok pecinta alam di laut Baltik. Para peneliti berhasil menemukan keturunan Platz yakni Angela Erdman (62) yang merupakan cucunya.

ahloo-surat-dalam-botol

Minggu lalu, Erdmann akhirnya memegang botol itu setelah datang ke International Maritime Museum, Hamburg. “Ini adalah momen yang sangat mengharukan. Aku sampai meneteskan air mata.” Kata Erdmann.

Erdmann tidak pernah mengetahui Platz yang meninggal pada 1946. Setelah dia melihat kembali buku memo keluarga, barulah Erdmann mengetahui, Platz adalah seorang Sosial Demokrat, dan sangat suka membaca.

Kartu pos ala Denmark ini, dicap stempel berlambang Kekaisaran Jerman, di kartu pos itu tertera tanggal, 17 Mei 1913. Dengan begitu makin sahih bahwa surat itu merupakan surat dalam botol tertua mengalahkan rekor sebelumnya yakni surat yang dibuat pada 1914.