Comment

Ramai-ramai Berburu Darah Remaja untuk Obat Awet Muda

Jika kamu pernah nonton film Snow White and the Huntsman, kamu pasti kenal dengan sosok bernama Queen Ravenna, sosok jahat yang menjadi musuh si putri salju. Queen Ravenna punya kebiasaan menyeramkan yakni berburu darah perempuan muda atau remaja untuk dihisap supaya dia bisa tetap awet muda.

Percaya atau tidak, praktek seperti ini ternyata dilakukan loh di era modern. Bedanya, mereka tidak melakukannya dengan ritual ala Queen Ravenna tapi secara medis. Jesse Karmazin, seorang ahli kesehatan baru saja meluncurkan startup bernama Ambrosia di Amerika Serikat.

ahloo-darah-remaja-1

Ambrosia akan membantu pasien yang ingin terlihat awet muda dan terhindar dari penuaan. Caranya cukup aneh, pasien nanti akan disuntik dan diinjeksi dengan 1,5 liter plasma yang berasal dari seorang remaja berusia 16 sampai 25 tahun.

Namun biayanya tentu tidak murah. Untuk satu kali proses injeksi darah, si pasien harus membayar sekitar U$8.000 atau Rp100 juta. Apakah cara itu akan berhasil? Seorang mantan staf medis di National Institute on Aging mengatakan prosedur medis seperti ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama.

ahloo-darah-remaja-2

Pada zaman dulu darah dari remaja atau anak muda dapat berfungsi seperti obat. Dia pernah membandingkan bagaimana hasilnya bila seseorang mendapatkan transfusi darah dari remaja dan dari orang yang usianya lebih tua. Hasilnya terbukti berbeda. “Ini seperti terapi dan saya ingin menerapkannya untuk saya sendiri,” katanya.

Sampai saat ini memang belum ada pembuktian nyata yang menunjukkan prosedur medis seperti ini berhasil. Namun Karmazin berharap bahwa percobaan terhadap 600 pasiennya di California sekaligus bisa menjadi bukti kesuksesannya. (dj)

Sumber: metro.co.uk