Comment

Ini Dia Barisan Mobil Baru yang Bisa Kamu Kendarai Sepanjang 2017

Buat kaum urban khususnya mereka yang berada di tingkat perekonomian kelas menengah atas, mobil bukan hanya menjadi kendaraan yang fungsional. Elemen estetika dan desain sering jadi pertimbangan manakala ingin membeli mobil baru, selain kualitas mesin tentunya yang jadi alat ukur pertama.

Meski perekonomian sedang tak bertumbuh dengan bagus ditambah kemacetan ibu kota yang tak kunjung sembuh, pencinta kendaraan roda empat seakan tak pernah kehilangan gairahnya dalam berburu mobil-mobil baru tahun ini.

ahloo-mobil-baru-4

Setiap tahunnya Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) berlomba-lomba memperkenalkan mobil baru yang mereka produksi. Desain mobil hingga kualitas mesin saling beradu untuk menentukan siapa yang layak jadi raja di pasar otomotif lokal.

Lalu mobil apa saja yang akan mewarnai padatnya lalu lintas Ibu Kota tahun ini?

Kita memulainya dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Sepanjang 2017 Suzuki berencana meluncurkan empat mobil pabrikan mereka seperti Ignis, Baleno, Jimny, dan Ertiga Hibrida. Nama terakhir merupakan mobil bermesin hibrida terbaru  dengan harga terjangkau yang dikembangkan oleh Suzuki Motor Co, mereka menamakannya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

ahloo-mobil-baru-1

Rencananya mobil dengan mesin SHVS tersebut akan diluncurkan pada semester I tahun 2017 mendatang. Sementara itu Suzuki Ignis, kabarnya bakal menggantikan model Splash, yang telah di-discontinued tahun lalu.

Lalu yang kedua adalah PT Honda Prospect Motor (HPM). Pada 2017 ATPM Honda ini bakal meluncurkan  Honda CRV  dan Civic Hatchback terbaru. Honda Civic baru adalah sedan hatchback yang didesain lebih kompak dan tentunya harganya akan lebih murah dibanding sedan. Sementara Honda CRV sudah memulainya lebih dulu pada Oktober 2016.

ahloo-mobil-baru-2

Sementara itu, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga kemungkinan  akan meluncurkan mobil barunya di segmen low  MPV pada 2017. Pada ajang GIIAS tahun lalu, pabrikan ini masih mengusung XM Concept.

XM Concept merupakan model kendaraan keluarga yang akan bermain pada segmen entry level MPV.  Small MPV Mitsubishi XM Concept rencananya akan dibanderol dengan harga antara Rp190 – Rp230 jutaan.

ahloo-mobil-baru-3

Para pengamat otomotif masih menjagokan teknologi mobil konvensional untuk merajai pasar industri otomotif pada 2017. Dan, mobil bermesin listrik atau bahkan mobil otonom tampaknya harus lebih bersabar dulu merebut hati pengguna kendaraan roda empat.

Meski begitu sejumlah produsen mobil listrik seperti Tesla tetap yakin pasar mobil listrik akan meningkat tahun ini. Mereka terus melakukan inovasi dari segi desain dan teknologi mesin. Salah satu yang diluncurkan adalah mobil listrik dengan desain old school alias jadul. Mobil ini bermesin 260bhp dan dapat berlari hingga kecepatan maksimal 125mph.

 Berbagai sumber