Comment

Graphene, Material yang Diklaim Lebih Kuat 10 Kali Lipat dari Baja

Apakah material terkuat di planet Bumi yang pernah diciptakan? Baja? Ya, tidak salah bila kamu beranggapan demikian. Namun baja kini bukan lagi jadi material terkuat loh. Para peneliti dari MIT berhasil menemukan material lain yang kekuatannya 10 kali lebih besar dari baja. Material apakah itu? Graphene

Begitulah mereka menamainya. Ia berasal dari karbon tapi kekuatannya bisa melebih baja. Rahasia kekuatan graphene ternyata berada pada struktur bentuknya yang mirip seperti sarang lebah. Besar massa graphene hanya 5 persen dari massa sebuah baja namun kekuatannya bisa 10 kali lipat.

Markus Buehler, Head Department of Civil and Environmental Engineering menjelaskan timnya sudah melakukan uji coba dengan membuat dua material sejenis. Satu material dibentuk dalam tiga dimensi sementara yang lain tidak.

Kedua material itu lalu diletakkan dalam sebuah mesin dengan daya tekanan yang tinggi untuk dihancurkan. Hasilnya, graphene tiga dimensi terbukti lebih kuat. Mereka juga mengklaim produk turunan dari graphine sudah mendekati akhir percobaan.

Sayangnya produk ini masih terbilang mahal. Tim dari MIT berencana terus mengembangkan material baru ini supaya dapat lebih murah dan terjangkau. (dj)

Sumber: Inhabitat