Comment

Sehebat Apa Penglihatan Manusia Dibanding Hewan? Inilah 8 Perbandingannya

Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk hidup yang sempurna di antara mahluk hidup lainnya. Jadi, sudah sepantasnya kita selalu bersyukur akan anugerah Tuhan itu. Manusia terlahir dengan memiliki kekuatan fisik, mental, dan hati nurani.

Salah satu kekuatan fisik yang jadi andalan manusia adalah indera penglihatan. Tanpa indera itu manusia akan kesulitan mendapat gambaran obyek yang ia temui setiap harinya. Meski juga diakui bahwa banyak manusia terlahir tanpa indera penglihatan sempurna namun tetap mampu berkarya layaknya manusia normal.

Pernahkah kalian berpikir sebenarnya seberapa hebat kemampuan indera penglihatan manusia bila dibandingkan hewan. Tentu tak semua hewan memiliki penglihatan yang sama. Buat menambah pengetahuan kalian, ahloo ingin memberikan perbandingan penglihatan manusia dengan 8 hewan.

1. Manusia dan Anjing

ahloo-indera-penglihatan-1

Banyak manusia yang lahir dengan kekurangan buta warna atau hanya dapat melihat warna-warna tertentu. Nah, kondisi seperti ini juga dialami anjing, hewan yang paling sering berinteraksi dengan manusia. Anjing terlahir dengan penglihatan warna terbatas. Mereka hanya mampu menerima warna cokelat, kuning, dan biru. Meski begitu, anjing dikenal memiliki indera penglihatan malam hari yang tajam.

2. Manusia dan Kucing

ahloo-indera-penglihatan-2

Sama seperti anjing, kucing hanya bisa menangkap warna cokelat, kuning, dan biru. Namun kucing memiliki kelebihan yakni mampu menangkap obyek yang bergerak cepat. Selain itu kucing memiliki lensa mata yang mampu berubah sesuai kepekaan cahaya.

3. Manusia dan Burung

ahloo-indera-penglihatan-3

Burung tidak melihat dunia dengan cara manusia melihat. Namun mereka melihatnya dengan cara yang lebih halus dan tajam seperti saat mereka melihat cahaya ultraviolet dan warna.

4. Manusia dan Lalat

ahloo-indera-penglihatan-4

Nah hewan yang satu ini lebih unik lagi. Lalat terlahir dengan ribuan lensa kecil di matanya. Itulah mengapa mereka sanggup melihat sinar ultraviolet dan warna lebih baik. Bukan hanya itu, mata lalat juga mampu menangkap gerakan hingga 120 frame per detik. Itulah mengapa lalat sulit ditangkap sebab yang ia lihat adalah gerakan lambat atau slow motion hingga membuatnya mudah mengantisipasi bila ada ancaman datang.

5. Manusia dan Ular

ahloo-indera-penglihatan-5

Ular tidak memiliki telinga untuk mendengar. Ia juga tidak bisa melihat warna yang mampu dilihat manusia. Namun kekuatan indera penglihatan ular adalah di malam hari dimana ia mampu menangkap obyek meskipun dalam keadaan gelap. Seperti sedang memakai kaca mata infra merah.

6. Manusia dan Hiu

ahloo-indera-penglihatan-6

Hiu hanya tidak bisa melihat warna lain selain hitam dan putih. Namun namanya hewan air, hiu mampu menangkap obyek dengan lebih jelas ketimbang manusia bila berada di air apalagi jika tanpa bantuan kaca mata renang.

7. Manusia dan Ikan

ahloo-indera-penglihatan-7

Dalam keadaan normal ikan mampu menangkap warna hijau, merah, dan biru. Namun terkadang mereka juga mampu menangkap warna alami ultra violet. Oh iya, ikan tidak memiliki kelopak mata seperti manusia loh.

8. Manusia dan Tikus

ahloo-indera-penglihatan-8

Tikus buta warna merah. Ia juga rabun alias segala obyek yang dilihatnya akan terlihat blur atau buram. Namun tikus mampu melihat obyek secara lebih lambat dibanding manusia. Mirip seperti lalat sehingga ia mampu kabur dari bahaya yang mengancam dirinya.

Sumber: Wittyfeed