Comment

Tips Menangkap Cahaya Kembang Api Malam Tahun Baru Bagi Pemula

Selain kegembiraan malam tahun baru, kembang api menjadi objek menarik untuk diabadikan. Menjepretnya membutuhkan keterampilan menangkap momen indah yang berlangsung sekejap mata. Agar hasilnya sesuai harapan, buah kamu yang pemula ayo mulai siapkan poin-poin berikut sebelum memotret kembang api malam tahun baru.

Tempat

ahloo-0800-kamera-fotografi-tripod

Biar warna dari kembang api lebih tajam dan bersih, usahakan kamu jauh dari lampu atau wilayah  yang terang. Pastikan juga nggak ada gedung atau dedaunan yang menghalangi. Selain itu, menempatkan diri di tempat tinggi dapat jadi pilihan.

Lensa

ahloo-0800-lensa-kamera

Kebanyakan kembang api dinyalakan bersamaan, jadi lensa wide yang menghasilkan gambar lebih luas bisa jadi pilihan buat kamu yang pemula. Namun nggak ada salahnya juga bereksperimen menghasilkan single object dengan lensa tele.

ISO rendah

ahloo-0800-kamera-fotografi-wanita

Semakin tinggi ISO maka foto kembang api tahun baru bisa semakin banyak noise. Pakai ISO rendah yang disesuaikan dengan tempat kamu menjepret, ya!

Shutter speed lambat & bukaan kecil

ahloo-0800-shutter-speed-kamera-dslr

Pengaturan dua elemen yang nggak kalah penting ini sebenarnya harus disesuaikan dengan konsep dan lokasi foto kamu. Tapi yang pasti shutter speed di atas 1 detik dan ‘f/’ dengan angka besar.

Anti Mode Otomatis

ahloo-0800-manual-kamera

Pastikan kamera kamu dalam kondisi manual yang memudahkan kamu untuk mengatur fokus lensa.

Anti Flash

ahloo-0800-kamera-fotografi-flash

Nggak perlu berat-berat bawa flash saat memotret kembang api malam tahun baru. Cahaya yang ditimbulkan flash malah akan bikin terang saat menjepret dan mengaburkan warna cantik kembang api.

Manfaatkan timer & shutter release

ahloo-0800-shutter-release-kabel-kamera

Fungsi timer dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi risiko gambar blur karena getaran saat menekan tombol shutter. Lebih aman, pakai tripod dan shutter release.

Format RAW

ahloo-0800-kamera-fotografi-kembang-api-malam-tahun-baru

Simpan hasil foto kamu dengan format RAW yang berkapasitas besar tapi lebih aman untuk menghasilkan foto terbaik dan fleksibel untuk diedit. (ls)