Comment

Planet Ini Punya Awan yang Terbuat Dari Batuan Ruby dan Safir

Bayangkan bila kamu tinggal di sebuah planet yang kaya akan batuan mineral. Planet yang bila hujan tiba, bukan air yang turun namun batuan berharga seperti Ruby dan Safir. Apa yang kamu lakukan?

Entah jadi berkah atau tidak namun planet seperti ini memang benar-benar ada. Sekelompok astronom dari University of Warwick berhasil menemukan sebuah planet mirip Jupiter yang memiliki awan mengandung batuan Ruby dan Safir.

Mereka menamakan planet itu HAT-P-7b. Ukurannya 16 kali lebih besar dari Bumi dan berjarak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi. Dr. David Armstrong yang meneliti planet itu memakai teleskop Kepler untuk mempelajari lebih jauh tentang planet baru ini.

ahloo-ruby-dan-safir-1

Dari hasil pengamatan mereka ditemukan fakta bahwa awan di planet tersebut mengandung senyawa aluminum oxide atau corundum, sejenis mineral yang menghasilkan batuan Ruby dan Safir.

Selama empat tahun lamanya, para peniti terus memonitor bagian atmosfer planet HAT-P-7b termasuk soal cuaca dan temperatur di sana. Selain mengandung batuan mineral berharga, planet ini juga memproduksi gas.

Sumber: inhabitat