Comment

Uang Elektronik Railpay Bikin Transaksi Perjalanan Kereta Api Jadi Makin Mudah

Tak hanya memperbaiki fasilitas armadanya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga fokus mengembangkan sistem pembayaran terpadu. Senin (19/12), perusahaan tersebut meluncurkan Railpay yang diharapkan dapat menjadi solusi bertransaksi elektronik para penumpangnya.

ahloo-1100-railpay-pt-kai-indonesia

Berdasarkan press release yang diunggah pada laman kereta-api.co.id, uang elektronik berbentuk kartu itu tak hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran tiket kereta api jarak jauh tetapi juga pada moda transportasi lainnya seperti membeli tiket kapal laut, pesawat, bus Damri, dan kapal laut. Railpay yang merupakan kerjasama PT KAI dengan Bank Mandiri, BNI, dan BRI tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi commuterline, bus (Transjakarta, Transjogja, dan Batik Solo Trans), hingga kereta api bandara.

ahloo-1100-kereta-api

Berdesain hitam elegan yang seragam pada tiga bank tersebut, Railpay ini juga memiliki keunggulan untuk berbelanja, membayar parkir, pembelian bahan bakar, dan menyelesaikan tagihan listrik, telepon, hingga layanan jaringan televisi berbayar.

ahloo-1100-railpay-pt-kai-indonesia-1

Sayangnya, cara untuk mendapatkan kartu ini agak sedikit repot. Kamu harus mengunduh dulu KAI Access di smartphone dan wajib melakukan transaksi pada aplikasi tersebut. Setelah itu kamu baru bisa mendaftarkan diri sebagai pemilik Railpay.

Meski nggak dapat digunakan untuk berbagai transaksi, kartu ini tak berguna laiknya ATM. Artinya jika kartu milikmu hilang, maka saldo yang tersimpan di dalamnya pun nggak bisa diselamatkan atau melakukan pemblokiran akun. (ls)