Comment

Siap Berburu Klakson ‘Telolet Om’? Ini Starter Pack Wajib Kamu

Indonesia memang jagonya kalau bikin sesuatu yang unik. Kali ini fenomena Klakson Telolet Om yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa merebak di media sosial dan jadi perbincangan publik.

Tak hanya anak kecil, remaja dan orang tua bahkan keranjingan melakukan aktivitas aneh ini. Mereka kerap berdiri di tepi jalan-jalan besar yang dilintasi bus besar yang biasanya memiliki klakson bernada unik. Sembari berteriak meminta klakson dibunyikan, para pemburu ini pun memvideokan bus yang melaju.

Meski sering kali aksi meminta sopir bus membunyikan klakson ini membahayakan pelaku dan pengguna jalan lainnya, belum ada peraturan khusus yang mengatur para pemburu telolet tersebut.

Tapi jika melihat beragam video yang diunggah, seru juga aksi para pemburu telolet ini. Kamu ingin mencobanya juga? Berikut starter pack untuk berburu telolet ini.

Smartphone

ahloo-1000-smartphone-klakson-telolet-om-1

Pastikan smartphone kamu didukung dengan resolusi kamera video yang mumpuni. Jangan lupa juga untuk menonaktifkan nada notifikasi agar nggak mengganggu saat merekam. Nggak kalah penting adalah baterai yang prima dan menambahkan hastag #telolet biar video yang kamu unggah jadi viral di media sosial.

Strap smartphone

ahloo-1000-smartphone-lanyard

Demi terhindar dari risiko smartphone terjatuh saat merekam Klakson Telolet Om bus yang melaju, lebih baik kamu pakai tali yang dikalungkan ke tangan atau leher.

Masker wajah

ahloo-1000-masker-flu

Berada di jalanan itu kamu artinya menghampiri sumber polusi. Pastikan kesehatan paru-paru kamu tetap terjaga dari asap dan debu kendaraan.

Pakaian lengan panjang

ahloo-1000-pakaian-lengan-panjang

Pilih pakaian yang lengan panjang untuk menghindari kulit gosong karena lama berada di bawah sinar matahari. Balurkan sunblock jika perlu.

Alas kaki

ahloo-1000-sepatu-olahraga

Nggak jarang aksi merekam klakson bus dilakukan sambil berlari-lari mengikuti arah lajunya kendaraan besar tersebut. Gunakan alas kaki yang lebih aman seperti sepatu dari pada sandal jepit.

Karton dan spidol

ahloo-1000-klakson-telolet-om

Keduanya dibutuhkan untuk meminta para sopir bus membunyikan klakson. Biasanya ditulis dengan kalimat ‘telolet om’.

Teman

ahloo-1000-teman-remaja

Kesempatan mendapatkan klakson dari bus lebih besar kalau memburunya beramai-ramai dengan teman segenk.

Orang tua

ahloo-1000-keluarga

Selain anak kecil, para orang tua juga gemar memburu suara unik dari bus-bus besar. Barangkali ada yang mengajak orang tuanya biar ada yang mengingatkan kalau sudah magrib dan waktunya pulang untuk mengerjakan pekerjaan rumah. (ls)