Comment

Inilah Becak Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Seiring perkembangan jaman, becak nggak lagi jadi pilihan transportasi publik di kota besar. Tapi bukan berarti keberadaannya mati begitu saja.

ahloo-0900-becak-2

Misalnya di Yogyakarta yang bisa mengantar kamu mengelilingi daerah Keraton pada malam hari atau Medan yang punya becak motor (bentor) yang kerap digunakan untuk ke pasar.

Tak hanya ada di dua tempat tersebut, kendaraan roda tiga ini juga jadi transportasi di lima negara berikut. Penampilannya unik-unik, bikin ingin foto dan dipamerkan di media sosial saat kamu liburan ke sana.

Cyclo (Vietnam)

ahloo-0900-cyclo

Selain naik sepeda motor, masyarakat Vietnam kerap menggunakan Cyclo yang tenaganya berasal dari kayuh sepeda manusia di belakang. Mirip sih dengan yang ada di Indonesia, hanya bentuknya lebih ramping.

Coco Taxi (Kuba)

ahloo-0900-becak-kuba

Karena bentuknya yang mirip dengan buah kelapa maka kendaraan kuning yang khusus disediakan bagi para turis yang datang ke Kuba ini disebut Coco. Sekali jalan, Coco dapat mengangkut 2-3 penumpang.

Jinrikisha (Jepang)

ahloo-0900-becak-jinrikisha

Kalau suka komik bergambar dari Jepang  dengar latar belakang kisah jaman Edo kamu pasti nggak asing dengan becak yang menggunakan tenaga manusia ini. Becak unik yang disebut Jinrikisha ini masih dapat kamu temui di kawasan Kamakura (Kanagawa), Arashiyama (Kyoto), atau Miyajima (Hiroshima).

Mini Cooper (Tiongkok)

ahloo-0900-becak-beijing-

foto: en.people.cn

Mau numpang becak yang kursinya empuk kayak naik Mini Cooper? Coba deh temukan kendaraan yang hanya dibuat satu-satunya di dunia ini saat kamu ke Beijing.

Toboggan (Portugal)

ahloo-0900-toboggan

Nggak ada rodanya! Tapi becak yang dibuat untuk para turis yang ingin menuju Funchal dari Bukit Monte ini tetap bisa jalan dong. Pengemudinya nggak perlu capek menarik atau mendorong, sebab jalurnya memang menurun. (ls)