Comment

Menyelami Taman Nasional Wakatobi, Permata Bahar di Tenggara Sulawesi

Keindahannya nggak hanya diagungkan bangsa sendiri. Kekayaan alam Taman Nasional Wakatobi serupa permata bahar diakui pula oleh dunia. Salah satunya menjadi cagar biosfer oleh UNESCO sejak 2012 lalu.

ahloo-0900-wakatobi-2

Nama Wakatobi terbentuk dari gugusan empat pulau besar di wilayah perairan Sulawesi bagian Tenggara. ‘Wa’ berasal dari Pulau Wangi-wangi yang terletak paling Utara. ‘Ka’ dari Pulau Kaledupa yang memiliki sejarah kental dengan Kerajaan Buton. ‘To’ yang merupakan suku kata pertama Pulau Tomia, dan ‘Bi’ dari Pulau Binongko. Namun, wilayah Wakatobi yang luasnya mencapai 1,3 juta hektare ini masih punya pulau-pulau lainnya.

ahloo-0900-taman-nasional-wakatobi-koral-terumbu-karang

foto: cepatdishare.blogspot.co.id

Masyarakat dunia mengagumi keindahan Wakatobi sebagai surga biota laut. Di bawah lautnya tersedianya 25 gugusan terumbu karang dari panjang pulaunya yang mencapai 600 kilometer. Angka yang lebih fantastis lagi, ada 750 spesies karang di sini. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan perairan Karibia yang hanya sepuluh persennya saja!

Kekayaan ini disebabkan oleh Wakatobi yang berada di garis wilayah Segitiga Terumbu Karang atau Coral Triangle yang membentang dari Filipina hingga Kepulauan Solomon. Dijamin deh setiap kamu berpindah spot menyelam, hampir nggak ditemukan bentuk karang yang sama.

ahloo-0900-wakatobi

Tak sekedar karang yang beraneka rupa, biru laut nan bercahaya kemilaunya juga menjadi habitat 942 spesies ikan. Termasuk ikan-ikan langka seperti ikan Napoleon, lumba-lumba hidung botol, hingga paus sperma. Ada pula empat spesies penyu laut di antaranya penyu sisik dan hijau yang menjadikan Taman Nasional Wakatobi yang wilayahnya 97 persen adalah perairan ini semakin kaya.

ahloo-0900-taman-nasional-wakatobi-wave

foto: wakatobitourism.com

Tampaknya, nggak ada alasan untuk tak menjadikan Wakatobi yang telah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1996 ini sebagai destinasi liburan bahar idaman kamu. Selain karena lokasi ini menggelar Wakatobi Wave setiap tahunnya, mempelajari kebudayaan Suku Bajo juga dapat menjadi alasan tepat untuk berkunjung.

Kata siapa Wakatobi adalah liburan mahal karena sering didatangi bule-bule? Kawasan ini sesungguhnya menyediakan dua pilihan akomodasi. Bagi kamu yang mau pergi a la backpacker, sebaiknya memilih menginap di Pulau Hoga. Sementara Pulau Wangi-wangi menyediakan taraf yang lebih nyaman sedikit. Namun, jika berniat liburan dengan budget besar silakan saja untuk menikmati resor berharga ratusan dolar per malamnya di Pulau Tomia.

ahloo-0900-wakatobi-tomia

foto: tripadvisor.com

Kapan waktu yang tepat untuk menyambanginya? Datanglah sekitar April hingga Agustus. Momen itu merupakan musim kemarau di Taman Nasional Wakatobi. Kondisi laut dan angin lebih bersahabat untuk aktivitas menyelam. Selamat bersenang-senang di Wakatobi, surga bahar di Tenggara Pulau Sulawesi! (ta)