Comment

6 Fakta Lain yang Tetap Menarik dari Moana

Disney kembali menambah panjang sosok utama film berkulit hitamnya. Setelah Pocahontas dan Tiana pada Princess and Frog, kini produsen film tersebut ‘melahirkan’ Moana. Berikut adalah fakta menarik seputar film yang kabarnya berhasil mengalahkan pendapatan film Frozen yang dirilis tahun lalu.

Pengisi suara

ahloo-0700-moana-2

Selain melibatkan Dwayne Johnson dalam karakter Maui, Disney juga mengajak sosok Auli’i Cravalho yang berusia sangat muda untuk memerankan Moana Waialiki.

OST

ahloo-1000-maui-moana-

image: disneyanimation.com

Untuk membangun kisah Moana yang terkesan nyata dengan kisah bangsa Polynesia, tim pembuat film sengaja membentuk satuan penasehat khusus Ocean Story Trust yang terdiri dari ahli bahasa, tato, budaya, koreografer, pelaut, nelayan, hingga antropolog. Tim ini pula yang akhirnya menyarakan karakter Maui memiliki rambut tebal dan panjang, padahal sebelumnya sosok dewa laut ini direncanakan botak.

Sosok Maui

ahloo-1000-maui-disneyanimationcom

Sosok manusia setengah dewa Maui berasal paduan beberapa legenda di Hawai, Tonga, Samoa, dan Selandia Baru. Senjata kait Maui juga dibuat mirip dengan kisah yang beredar di wilayah tersebut.

Kostum Maui

ahloo-0700-moana-kostum

image: variety.com

Meramaikan perilisan film barunya, Disney turut menjual kostum Maui di dunia maya. Namun, penjualan ini kemudian dihentikan setelah mendapat protes dari salah seorang keturunan Polinesia yang merasa tersinggung dengan kostum cokelat yang merupakan kulit asli mereka.

Kostum Moana

ahloo-1000-moana

image: geeks-of-doom.com

Bersama dengan tim OST, Disney mencoba mereka pakaian yang tepat bagi Moana dengan mundur 2000 tahun. Hasilnya, gadis petualang ini menggunakan atasan yang terbuat dari kulit pohon mulberry dan bawahan dari rangkaian pandan.

Lin-Manuel Miranda

ahloo-1000-lin-manuel

image: newyorker.com

Pria inilah yang bertanggung jawab atas musik di film Moana. Karya-karya Lin-Manuel Miranda telah mendapat penghargaan seperti Grammy, Putlizer, Emmy, Tony Awards, dan Oscar. (ta)