Comment

Cara Ampuh Tahan Godaan Pakai Smartphone Saat Berkendara

Menggunakan smartphone saat berkendara menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas. Meski hanya sekedar membalas pesan singkat atau menelepon, aktivitas ini bisa menghilangkan fokus menyetir yang akhirnya merugikan bagi kamu dan orang lain. Nah, ada tips nih mengenai cara ampuh untuk nggak pakai smartphone saat berkendara.

Menyelesaikan urusan.

ahloo-0700-pakai smartphone-mobil-catatan-bisnis-profesional

Balas semua pesan dan lakukan telepon penting sebelum kamu menjalankan kendaraan. Beri informasi pada lawan bicaramu jika akan mengemudi.

Mengaktifkan mode diam atau mematikan smartphone.

ahloo-0700-pakai-smartphone-silent-mode

Dua pilihan ini membuat kamu berada di posisi nggak memiliki keharusan untuk menjawab pesan atau telepon yang masuk. Jadi kamu bisa lebih fokus saat menyetir, deh!

Jauhkan dari jangkauan.

ahloo-0700-pakai-smartphone-tas-pria-kerja-kacamata

Masukan ke dalam tas dan jauhkan dari jangkauan tangan kamu yang seharusnya berada di sekitar kemudi dan tuas persneling selama berkendara.

Menepi.

ahloo-0700-pakai-smartphone-mobil-pria-sport

Jika pesan atau telepon sangat mendesak, hentikan kendaraanmu ke tepian yang aman terlebih dahulu sebelum membalas atau mengangkatnya.

Menggunakan aplikasi.

ahloo-0700-main-smartphone

Khususnya bagi pengguna Android, sudah banyak aplikasi yang bantu kamu tetap fokus ke jalan meski komunikasi terus terjadi. Bahkan, ada yang sudah dilengkapi dengan fitur membacakan pesan yang masuk, membalas dengan suara, prakiraan cuaca, dan pemutar musik.

Bantuan teman seperjalanan.

ahloo-0700-pakai-smartphone-keluarga-liburan

Cara yang lebih asyik bisa dengan meminta bantuan teman seperjalanan untuk mengetik pesan atau menjawab telepon yang ditujukan padamu.

sumber: rd.com