Comment

Inilah Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Segera Bangun Setelah Mendengar Bunyi Alarm

Tahukah kamu, jika satu dari tiga orang di dunia ini gemar mematikan bunyi alarm untuk mendapatkan waktu tidur lebih lama? Atau mungkin kamu salah satu di antaranya?

Ternyata menurut pakar, kebiasaan ini dapat membuat mood kamu memburuk dan menurunnya kesehatan, lho. Hal ini dikarenakan sebenarnya tubuh telah memiliki program alami dalam sistem metabolisme setiap pagi menjelang.

ahloo-1000-wanita-bangun-tidur-kamar

Setiap manusia memiliki pola tidur masing-masing. Namun pada umumnya satu jam sebelum bangun, otak telah mengirimkan sinyal ke kelenjar tubuh untuk melepaskan hormon kortisol dan adrenalin. Pada saat itu pula suhu tubuh meningkat dan tidur kamu mulai meninggalkan deep sleep dan bersiap untuk bangun.

ahloo-1000-alarm-tidur

Nah, bila menggangu pola alami tersebut, tubuh kamu yang sudah siap bangun dan malah mematikan bunyi alarm itu membuat kualitas tidur kamu berkurang. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan, para siswa yang memiliki kebiasaan menggunakan alarm malah nggak sulit berprestasi di sekolahnya.

Lantas bagaimana menyiasati kebiasaan agar bangun pagi dan berhenti menekan tombol diam pada alarm?

Tidur lebih cepat.

ahloo-1000-baca-buku-kamar-tidur

Delapan jam adalah waktu tidur yang cukup bagi tubuh orang dewasa. Memutuskan tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi juga dapat meningkatkan kualitas hidupmu.

Menjauhkan alarm dari jangkauan.

ahloo-1000-kamar-tidur-bunyi-alarm

Nah, coba deh untuk menempatkan alarm kamu di posisi yang mengharuskan kamu bangun untuk mematikannya. Terlalu mudah menjangkau alarm seperti di samping tempat tidur juga membuatnya mudah dimatikan.

Tidur lebih panjang.

   ahloo-1000-tidur-panjang-akhir-pekan-sarapan-kamar

Jika waktu tidur kamu terasa kurang, ‘balas dendam’ saat akhir pekan menjadi solusi jitu banget!

sumber: greatist.com