Comment

Hasil Riset Membuktikan Bahwa Orang Indonesia Boros Baterai Ponsel

Tahukah kamu mengapa orang Indonesia gemar sekali menggunakan power bank sebagai pelengkap smartphone. Itu karena menurut hasil riset menunjukan bahwa orang Indonesia dikenal sebagai negara paling boros dalam menggunakan baterai ponsel.

Survei yang dilakukan oleh raksasa teknologi dari Cina, Baidu, itu menunjukkan rerata nyawa baterai negara-negara di dunia mencapai 21,7 jam. Sementara Indonesia hanya bisa mencapai 12,8 jam. Bandingkan dengan rakyat di negara Australia, Selandia Baru, atau negara-negara pulau di Pasifik yang 27,2 jam.

Apakah fakta ini mengejutkan? Tidak juga. Pada 2011 Jakarta pernah dikalungi gelar sebagai kota paling “berisik” di dunia Twitter. Banyak penduduk Indonesia yang melewatkan era PC dan langsung melompat ke rakyat mobile. Karakter masyarakat yang suka bergunjing membuat rakyat Indonesia gemar mengoleksi aplikasi media sosial.

ahloo-boros-baterai-1

Facebook, Twitter, dan Whatsapp jadi tiga media sosial yang sepertinya wajib terinstal di smartphone. Di susul media sosial Line, WeChat, Path, Instagram, atau BBM. Padahal, di media sosial itu kebanyakan mereka bertemu dengan orang-orang yang sama.

Meski begitu media sosial seperti itu bukanlah biang kerok mengapa orang Indonesia begitu boros baterai. Snapchat, Candy Crush Saga, dan Clash of Clans merupakan beberapa aplikasi yang boros baterai, baik sedang digunakan atau tidak. Begitu juga dengan Uber. Sementara Spotify, Viber, WhatsApp, Twitter, Facebook Messenger, Line, dan Instagram justru hemat baterai. (dj)

Sumber: tech in asia