Comment

Belanda Kucurkan 150 Juta Euro untuk Bangun Proyek Biogas Kotoran Sapi

Eropa tampaknya benar-benar serius dalam upaya mengurangi emisi karbon atau gas rumah kaca. Salah satunya Belanda. Negara kincir angin itu baru saja mengucurkan dana hingga 150 juta euro untuk membuat proyek listrik dari biogas kotoran sapi.

Industri peternakan sapi di Belanda begitu pesat namun juga sekaligus memberikan efek negatif bagi lingkungan. 10 persen dari produksi emisi gas karbon berasal dari limbah kotoran sapi. Fakta inilah yang membuat pemerintah Belanda mengambil langkah inovasi dengan membangun proyek biogas kotoran sapi.

Para peternak sapi akan dilatih membuat mesin pengolah kotoran sapi menjadi energi biogas. Nantinya mereka diperbolehkan menjual hasil produksi biogas mereka sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah selama janka waktu kontrak tertentu.

ahloo-biogas-kotoran-sapi-2

Pieter Heeg, salah satu peternak sapi yang memiliki lahan ternak seluas 75 hektar mengatakan sudah melakukan perhitungan berapa keuntungan yang bisa diambil dari produksi biogas kotoran sapi.

“Selain mendapatkan energi untuk digunakan sendiri kami bisa menjualnya. Pendapatan dari biogas bisa mencapai 10.000 euro per tahun,” kata Pieter.

Proses pengolahan kotoran sapi menjadi biogas membutuhkan waktu 20 hari sejak olahan pertama. Dari seluruh limbah kotoran sapinya, Pieter bisa memproduksi sekitar 9.342 kilowatt energi listrik. Jumlah itu cukup untuk menerangi tiga rumah.

ahloo-biogas-kotoran-sapi-1

Pemerintah Belanda kini menargetkan 1.000 peternak besar di Belanda untuk melakukan hal serupa seperti Pieter. Selain mampu mengurangi emisi gas karbon, proyek ini juga menambah pendapatan peternak. (dj)

Sumber: Inhabitat