Comment

Benarkah Makan Telur Jadi Rahasia Agar Panjang Umur?

Banyak dari kita yang berharap hidup sehat dan memiliki umur yang panjang. Harapan itu tentu sulit di tengah merebaknya makanan serba instan yang penuh kandungan kimia. Seorang nenek asal Italia mencoba berbagi rahasia bagaimana dia bisa mencapai usia 117 tahun. Rahasinya sederhana, makan telur.

Emma Morano yang akan berusia 117 tahun pada 27 November mendatang mengatakan bahwa ia melahap setidaknya 2 telur sehari selama 90 tahun. Jika dikalkulasi telur yang sudah dihabiskan bisa mencapai 100.000 butir.

Morano lahir pada 1899 di Verbania, Italia. Dia mulai rajin mengonsumsi telur sejak usia 20 tahun. Ketika terkena anemia, dokter menyarankannya untuk makan telur. Dua telur mentah dan satu telur matang setiap hari.

Dokter Carlo Bava menegaskan bahwa pasiennya tidak mengikuti saran gizi konvensional. Menurut Bava, Morano selalu makan sangat sedikit sayuran dan sangat sedikit buah. Saat Bava terakhir menemuinya, Morano makan tiga butir telur per hari, dua mentah di pagi hari dan kemudian telur dadar di siang hari serta ayam saat makan malam.

Hari ulang tahun Morano tinggal menghitung hari. Bila Morano sampai berulang tahun dan berumur panjang. Ia akan memecahkan rekor wanita Prancis, Jeanne Calmet yang tutup usia pada 122 tahun. (dj)