Comment

Jika Naik Maskapai Ini, Anak Kecil Tak Akan Bisa Bebas Berlarian

Maskapai India, IndiGo punya rencana yang sedikit nyeleneh. Mereka akan membuat zona khusus di pesawat yang bebas dari anak kecil berusia kurang dari 12 tahun. Jadi bila naik pesawat itu, anak-anak mungkin tidak akan bebas berlarian atau bersuara bising.

Zona anti anak kecil ini akan dibuat di baris kursi nomor 1 hingga 4, dan baris ke 11 hingga 14. Maskapai IndiGo beralasan penumpang di baris tersebut menginginkan kenyamanan yang lebih baik, tanpa suara bising dari anak-anak. Jika anak kecil ada di barisan tersebut, otomatis kenyamanan mereka akan sedikit terganggu.

Strategi marketing seperti ini sebenarnya bukan hal baru di dunia penerbangan. Sebelumnya, di tahun 2011 media Stuff Selandia Baru memberitakan maskapai Malaysian Airlines yang pertama kali memberlakukan kebijakan serupa kepada pesawat Boeing 747 mereka.

Kebijakan tersebut berlanjut di tahun 2012 di pesawat Airbus A380 mereka yang terbang dari Kuala Lumpur ke London. Menyusul kemudian maskapai AirAsia X yang melayani rute Kuala Lumpur ke Gold Coast, Sydney, Melbourne dan Perth yang menerapkan kebijakan yang sama.

Maskapai tersebut beralasan, sama sekali tidak melarang anak kecil untuk terbang, tetapi hanya pengaturan zona saja. Traveler yang bepergian dengan anak-anak tetap bisa terbang, tetapi hanya bisa memilih kursi yang ada di tengah dan belakang, bukan di deretan depan atau bahkan di first class.

Zona tenang bebas anak kecil ini memang diperuntukkan bagi traveler yang memang ingin bepergian dengan nyaman dan tanpa kegaduhan. Mereka bahkan rela membayar lebih mahal untuk mendapatkan kelebihan itu.

Kontroversi langsung mengiringi keberadaan zona khusus ini. Media Hindustan Times memberitakan, bahwa masyarakat India tidak senang akan kebijakan ini. Mereka menganggap kebijakan tersebut diskriminatif. (dj)

Sumber: Detik