Comment

Arctic Henge, Sang Penunjuk Waktu dari Utara Islandia

Kamu punya rencana berkunjung ke Islandia? Jika iya, sempatkanlah mampir ke Arctic Henge, sebuah monumen berbentuk segitiga yang tampak aneh. Arctic Henge bisa menjadi destinasi favorit para traveler yang sedang menjelajahi negara paling utara di Eropa itu.

Seperti dikutip dari Detik, Arctic Henge berada di kawasan Raufarhofn di Islandia bagian utara. Kawasan tersebut sebenarnya jarang dikunjungi traveler yang melancong ke Islandia karena cukup jauh jaraknya dengan suhu udara yang lebih ekstrem. Kebanyakan, traveler yang datang ke Islandi hanya main-main di wilayah selatan (Reykjavik, ibukota negara Islandia juga adanya di bagian selatan).

credit: Detik

Arctic Henge ini terbilang cukup unik. Banyak pelancong menyebutnya seperti Stonehenge di Inggris. Arctic Henge berbentuk 12 susunan batu yang bertumpuk membentuk suatu gerbang, yang terlihat runcing di bagian atasnya. Susunan-susunan batunya sendiri berjumlah empat yang beberapa susunan batunya belum selesai.

Meski tampak unik dan klasik Arctic Henge bukanlah peninggalan kuno. Monumen ini dibuat tahun 1996 oleh seorang cendikiawan bernama Erlingur Thoroddsen. Dia membangun susunan-susunan batu tersebut dengan tujuan untuk membuat jam matahari.

Erlingur Thoroddsen. credit: detik

Selain itu saat fenomena midnight sun, yakni matahari tidak tenggelam, lewat susunan batu itulah bakal terlihat jelas matahari yang hendak tenggelam tapi kemudian naik lagi ke atas. Situs NASA bahkan menyebut Arctic Henge juga dapat menjadi penunjuk ke langit untuk melihat Aurora.

Sayang, sang kreator, Erlingur Thoroddsen menghembuskan nafas terakhir di tahun 2015 silam. Padahal bentuk Arctic Henge yang ada saat ini belumlah sempurna. Beberapa seniman dan cendikiawan lain di Islandia kabarnya sedang mencoba menyelesaikan Arctic Henge ini.

credit: detik

Erlingur Thoroddsen punya misi khusus dari pembuatan Arctic Henge. Dia berharap, turis yang datang ke Islandia juga mampir ke kawasan utara untuk melihat monumen ini. Dalam kata lain menjadi destinasi wisata untuk turis.

Maka dari itu tidak ada tiket masuk untuk melihat Arctic Henge. Lokasinya yang ada di atas bukit  dapat dikunjungi kapan saja. Jika dari Reykjavik, perjalanan ke sana memakan waktu 7 jam naik mobil. Lebih baik mampir dulu ke Husavik selama 5 jam. Istirahat satu hari dan lanjut sekitar 2 jam naik mobil ke Raufarhofn untuk melihat Arctic Henge dari dekat. (dj)

Sumber: Detik